Jadi Calon Tunggal Kapolri, Listyo Sigit Dinilai Peduli dengan Pesantren

- Jumat, 15 Januari 2021 | 19:13 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit. (Dokumentasi Divisi Humas Polri)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit. (Dokumentasi Divisi Humas Polri)

Sosok calon tunggal Kapolri, yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disebut tidak hanya dekat masyarakat, jawara tapi juga ulama saat menjabat Kapolda Banten. Bahkan, ia dinilai sangat peduli terhadap keberadaan pondok pesantren (ponpes).

Salah satunya yang dilakukan oleh Listyo Sigit adalah bagaimana membangkitkan ekonomi, dan kemandirian Ponpes Salafiyah itu yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan di Provinsi Banten.

Baca Juga: Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Wafat

“Pak Sigit nanya, kira-kira solusinya apa untuk menjaga kemandirian Ponpes Salafiyah ini. Lalu terpikirlah untuk membangun pemberdayaan ekonomi pesentren," kata Ketua Majelis Ponpes Salafiyah (MPS) Banten KH Martin Syarkawi kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Dari ide tersebut akhirnya muncul program Rumah Pangan Santri (RPS). Setelah didata diverifikasi ada sekitar 150 lebih ponpes yang diikutsertakan dalam program tersebut. Konsep RPS seperti warung menyediakan gas, beras dan kebutuhan pokok lainya.

"Saya berkelakar ke Pak Sigit kalau dagang kita tidak punya modal. Alhamdulillah akhirnya beliau memberikan modal Rp20 juta untuk masing-masing RPS," ungkapnya.

Hingga saat ini, Ketua Pimbina Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Serang itu mengaku, RPS yang dibangun Sigit saat menjabat Kapolda Banten sudah berkembang dan mampu menghidupkan ponpes

"Pak Sigit juga memfasilitasi juga untuk jadi pangkalan gas 3 kilogram. Ini sangat luar biasa karena membantu ekonomi pesantren," tandas Martin Syarkawi.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X