Kominfo Dorong UMKM Agar Bisa Berjualan Secara Online

- Senin, 19 Oktober 2020 | 18:21 WIB
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Yogyakarta Tutty Fetrianingsih menunjukan kerajinan produksinya yang dipasarkan melalui online marketplace. (Photo/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Yogyakarta Tutty Fetrianingsih menunjukan kerajinan produksinya yang dipasarkan melalui online marketplace. (Photo/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan platform belanja Indonesia, Tokopedia, menggelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA), dengan memberikan pelatihan guna mendorong UMKM bisa berjualan secara online.

Dalam siaran pers bersama dengan Tokopedia, Senin (19/10/2020), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kominfo, Basuki Iskandar mengatakan program pelatihan ini ditujukan bagi pegiat usaha usaha lokal, khususnya UMKM, yang memiliki usaha offline maupun online.

Kemudian, ia juga mengatakan saat ini Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi demi menjadi menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030.

"Transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi," kata Basuki, dilansir dari Antara, Senin (19/10/2020).

Basuki menambahkan, bahwa prioritas nasional tidak hanya untuk menargetkan pemberdayaan UMKM melalui teknologi, tetapi juga fokus meningkatkan SDM unggul.

Di samping itu, Astri Wahyuni selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia menerangkan bahwa kolaborasi ini dilakukan untuk mempercepat adopsi platform digital oleh para pelaku usaha di Indonesia, terutama di tengah COVID-19.

"Tokopedia juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pemerintah melalui program DEA," kata Astri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X