Kronologi Penemuan Cai Changpan dalam Keadaan Gantung Diri di Bogor

- Sabtu, 17 Oktober 2020 | 17:20 WIB
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)

Jajaran Polda Metro Jaya sudah berhasil menemukan narapidana Cai Changpan meski yang ditemukan hanya tinggal jasadnya saja. Lantas, bagaimana kronologi penemuan jasad Cai Changpan?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan Cai Changpan kerap tidur di sebuah lokasi pabrik pembakaran ban yang terletak di Jasinga, Bogor. Lokasi itu pun berdekatan dengan Hutan Jasinga.

"Kami dapat informasi di sana ada seseorang atas nama sesuai DPO yang dilaporkan sering bermalam di situ (pabrik pembakaran ban)," kata Kombes Yusri kepada wartawan, Sabtu (17/10/2020).

Cai dikabarkan sering berada di sekitar pabrik itu pada malam hari namun, pagi harinya dia kembali masuk ke area hutan. Kala itu, Yusri menyebut ada sejumlah petugas penjaga pabrik yang sempat diancam oleh Cai untuk tidak memberitahu ke orang lain perihal keberadaannya.

"Sejak tanggal 16 sekali-kali dia datang ke situ kalau malam saja, kalau pagi ke Hutan Tenjo bahkan satu orang diancam nggak boleh bilang ke sana, tetapi satu orang lain lapor ke kepala desa dan lapor ke tim pemburu," ungkap Yusri.

Setelah menyusun rencana, tepat pada pagi tadi polisi melakukan penggerebekan di pabrik itu. Sebelum menggerebek, polisi lebih dulu menyuruh para petugas pabrik untuk tidak berada di area pabrik.

"Pukul 10.30 WIB kita lakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia dalam keadaan gantung diri," kata Yusri.

Selanjutnya, polisi pun membawa jasad sang napi ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk dilakukan otopsi. Pihak kepolisian juga masih mendalami perihal kasus gantung diri yang dilakukan oleh Cai Changpan termasuk mengumpulkan barang bukti dan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi.

"Mudah-mudahan secepatnya kami akan rilis menunggu hasil otopsinya. Kami masih kumpulkan alat bukti dan saksi-saksi termasuk keamanan pabrik pembakaran ban ini dan kepala desa yang melaporkan ke tim pemburu," pungkas Yusri.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X