Upaya Menjaga Lingkungan, Luhut Resmikan Operasi Fasilitas Limbah Minyak B3 di Batam

- Jumat, 19 Maret 2021 | 09:12 WIB
 Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan ke PT Batam Slop & Sludge Treatment Centre (BSSTEC), Batam, Kamis (18/3/2021). (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan ke PT Batam Slop & Sludge Treatment Centre (BSSTEC), Batam, Kamis (18/3/2021). (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan pengoperasian fasilitas pengolahan limbah minyak B3 dan tank cleaning di PT Batam Slop & Sludge Treatment Centre (BSSTEC), Batam, pada Kamis (18/03).

"Ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menjaga lingkungan kita dengan penyediaan layanan untuk mengolah limbah minyak dari kegiatan perkapalan dan pelabuhan sehingga dapat mengurangi potensi pembuangan limbah secara ilegal di laut," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (19/03), seperti dilansir Antara.

Pada kunjungannya itu, Luhut juga melihat berbagai fasilitas pengolahan limbah cair dan padat berupa Sludge Storage, Processing Pit, Power Generation System, Emergency Generator, Oil Storage, dengan kapasitas untuk mengolah limbah minyak sebesar 40 MT per hari.

Selain itu, Luhut berharap realisasi investasi BSSTEC senilai Rp1,8 triliun untuk fasilitas itu bisa memberikan dampak ganda bagi perekonomian sekaligus membuka lapangan kerja baru. Total rencana investasi BSSTEC sendiri mencapai Rp7,2 triliun.

"Saya berharap bahwa realisasi investasi PT BSSTEC bernilai sekitar Rp1,8 triliun dari rencana total investasi Rp7,2 triliun ini bisa membawa angin segar bagi tumbuhnya perekonomian kita yang telah terdampak oleh pandemi Covid-19," katanya.

Lebih lanjut, dengan beroperasinya fasilitas pengolahan limbah itu juga diharapkan mampu menampung tenaga kerja di sekitar Batam sehingga memberikan dampak pada pengurangan pengangguran yang berimplikasi pada peningkatan pendapatan masyarakat, serta mendatangkan devisa bagi negara.

Kemudian, di akhir kunjungan di PT BSSTEC, Luhut kembali berpesan kepada seluruh kementerian atau lembaga terkait lainnya untuk menjaga iklim berusaha di kawasan Batam menjadi lebih kondusif dan mendorong lebih banyak lagi investasi dengan memberikan layanan terbaik bagi para investor.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X