PSI Usulkan Masa Jabatan Presiden Sampai 7 Tahun & Dibatasi 1 Periode

- Jumat, 22 November 2019 | 11:29 WIB
Instagram/@tsamaradki
Instagram/@tsamaradki

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan agar masa jabatan presiden sampai tujuh tahun, namun dibatasi hanya satu periode. Dengan begitu, setiap presiden akan fokus bekerja dan tidak memikirkan pemilu selanjutnya.

Jika hanya satu periode, menurut Ketua DPP PSI Tsamara Amany, setiap presiden akan bekerja semaksimal mungkin, fokus bekerja buat rakyat dan tak memikirkan pemilu berikutnya.

Tsamara juga mengatakan, masa jabatan satu periode akan membuat presiden terlepas dari tekanan politik jangka pendek dan lebih fokus untuk melahirkan kebijakan terbaik.

"Politik akan terbebas dari pragmatisme," kata Tsamara.

Masih menurut Tsamara, kepemimpinan perlu diperpanjang sampai tujuh tahun agar setiap presiden mempunyai waktu cukup untuk mewujudkan program-program kerja yang sudah dibuat.

"Selanjutnya, satu periode ini akan menghilangkan konsep petahana dalam pemilihan presiden. Maka tak ada lagi kecurigaan bahwa petahana memanfaatkan kedudukannya untuk kembali menang pemilu," ujar Tsamara.

Selain itu, Tsamara juga mengatakan, pemilu tiap tujuh tahun jelas akan menghemat biaya. Jika biasanya tiap lima tahun ada pemilu, kelak hanya akan terjadi tiap tujuh tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X