Resmi Berdiri, Koopsus TNI Dipimpin Perwira Kopassus

- Selasa, 30 Juli 2019 | 10:53 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Komandan Koopsus TNI Brigjen TNI Rochadi. (Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Komandan Koopsus TNI Brigjen TNI Rochadi. (Puspen TNI)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan terbentuknya Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI, dalam upacara di Lapangan Satpamwal Denma, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Selasa 30 Juli 2019 pukul 08.15 WIB, Komando Operasi Khusus saya nyatakan diresmikan," ucap Panglima TNI.

Usai peresmian, Panglima TNI juga melantik Brigjen TNI Rochadi sebagai Komandan Koopsus TNI. Sebelumnya, Brigjen TNI Rochadi yang juga prajurit Kopassus TNI AD ini menjabat sebagai Direktur A Bais TNI.

-
Puspen TNI

 

Panglima TNI mengatakan, Koopsus TNI merupakan pasukan gabungan elite dari tiga matra TNI, yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU.Pembentukan Koopsus TNI berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 19 Juli 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia. 

"Mereka memiliki kualifikasi untuk melakukan berbagai jenis operasi khusus di dalam maupun luar negeri, yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi," jelasnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga memastikan, meski ada Koopsus TNI, pasukan khusus dari masing-masing matra tidak akan ditinggalkan. "Justru saya ingin pelaksanaan tugas TNI secara gabungan, sebagaimana doktrin TNI matra terpadu, Tri Dharma Eka Karma," tandasnya. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X