Ratusan Perempuan Berkebaya Menari di Gedung Sate Bandung

- Minggu, 1 September 2019 | 14:47 WIB
Sejumlah anak perempuan berkebaya menari tarian Ketuk Tilu di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)
Sejumlah anak perempuan berkebaya menari tarian Ketuk Tilu di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. (Antara/Bagus Ahmad Rizaldi)

Sekitar 700 perempuan berkebaya dari berbagai usia melakukan tarian Ketuk Tilu di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, pada Minggu (1/9).

Acara tersebut digelar untuk menggalang rasa cinta budaya. Tarian Ketuk Tilu sendiri merupakan cikal bakal tarian Jaipong yang merupakan kekayaan budaya Priangan di Jawa Barat.

"Acara ini untuk menggalang kembali rasa cinta budaya, menghargai keberagaman, juga kita mengawal toleransi untuk Indonesia tercinta," kata pendiri komunitas Rumpun Indonesia, Marintan Sirait.

Ia berharap tarian Ketuk Tilu dapat mengembalikan budaya yang kini terlupakan. 

Sementara itu, Ketua INDONESIA.ID Eva Simanjuntak selaku penggagas acara mengatakan kegiatan tersebut adalah cerminan kegelisahan bersama di masyarakat untuk bahu-membahu melawan intoleransi demi menjaga Indonesia.

"Dengan tarian bersama ini, diharapkan masyarakat luas khususnya Kota Bandung, menyadari kembali bahwa gerakan budaya adalah pemersatu perbedaan untuk menghargai keberagaman ekspresi dan menghargai toleransi di bumi Nusantara," kata Eva.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X