CEK FAKTA: Benarkah Donald Trump Umumkan Vaksin Virus Corona?

- Selasa, 17 Maret 2020 | 23:55 WIB
Video yang klaim berisi tentang ketersediaan vaksin virus corona di Amerika Serikat. (photo/Facebook/Twitter/Istimewa)
Video yang klaim berisi tentang ketersediaan vaksin virus corona di Amerika Serikat. (photo/Facebook/Twitter/Istimewa)

Baru-baru ini beredar sebuah video yang diklaim berisi pengumuman bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan meluncurkan vaksin Virus Corona baru SARS-Cov-2 penyebab wabah Covid-19.

Video yang berdurasi sekitar 36 detik saat ini sedang viral di Indonesia. Video tersebut tersebarluas melalui aplikasi pengirim pesan Whatsapp dan juga sosial media seperti Facebook hingga Twitter.

Tak hanya itu saja, bahkan dalam konten viral yang beredar di Facebook tersebut tertulis bahwa Trump akan meluncurkan vaksin virus corona minggu depan.

-
Video yang klaim berisi tentang ketersediaan vaksin virus corona di Amerika Serikat. (photo/Facebook/Istimewa)

VAKSIN VIRUS CORONA!

Saat ini, Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin hari Minggu depan, dan jutaan dosis sudah siap! - Permainan selesai.

Now, direct Trump announced that Roche Medical Company will launch the vaccine next Sunday, and millions of doses are ready from it !!!
-the end of the play

Tak hanya itu saja, bahkan hal itu juga tersebar di pesan Whatsapp dengan isi:

"Trump mengumumkan bahwa Roche Medis Perusahaan akan meluncurkan vaksin berikutnya minggu, dan jutaan dosis siap dari itu !!! Akhir drama."

Bahkan di sosial media Twitter juga hal serupa banyak beredar.

-
Video yang klaim berisi tentang ketersediaan vaksin virus corona di Amerika Serikat. (photo/Twitter/Istimewa)

Cek Fakta:

Untuk mencari faktanya, Indozone mencoba mencari kata kunci "Roche Coronavirus Vaccine" dan mendapatkan berita terkait video tersebut di Youtube dengan judul "Trump Holds News Conference On Coronavirus Pandemic, yang diunggah oleh NBC News pada 13 Maret 2020.

Ternyata video Aslinya di Youtube itu berdurasi 2 jam 16 menit dan berisi konferensi pers Trump soal virus corona.

Jika disaksikan sampai selesai, tokoh yang dipersilahkan bicara oleh Presiden AS, Donald Trump dalam video itu adalah Matt Sause, Presiden dan juga CEO Roche Diagnostics North America.

"Dari Roche kami ingin berterima kasih kepada FDA karena dengan cepat telah memberi izin untuk penggunaan tes virus corona kami," kata Sause dalam video itu.

Terlebih lagi ia juga berterima kasih ke FDA dan CDC karena telah mengizinkan alat tes atau test kit virus corona buatan Roche untuk dijual di pasaran.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X