Menanti Sinyal Positif Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I, IHSG dan Rupiah Kompak Menghijau

- Selasa, 5 Mei 2020 | 11:01 WIB
Ilustrasi IHSG. (ANTARA/Hafidz Mubarak)
Ilustrasi IHSG. (ANTARA/Hafidz Mubarak)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat di awal perdagangan hari ini, Selasa (5/5/2020). Tercatat pada pukul 09.50 WIB, IHSG menguat 25 poin atau setara 0,56 persen ke level 4.631. 

Jika amati pergerakannya dalam sepekan terakhir, IHSG sudah menguat cukup signifikan, yakni 3,27 persen. Penguatan IHSG tersebut terjadi seiring perbaikan harga sejumlah komoditas, serta kebijakan penanganan Covid-19 yang dinilai sudah tepat, sehingga membangkitkan kepercayaan investor untuk kembali berinvestasi. 

Sejalan dengan penguatan IHSG, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada waktu yang sama juga mengalami penguatan. Meski tidak terlalu signifikan, namun rupiah berhasil menguat 12 poin atau 0,08 persen ke level Rp15.088/US$. 

Pergerakan positif IHSG dan Rupiah tersebut seolah-olah memberikan sinyal positif optimisme para investor, menyusul laporan data pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020 yang sebentar lagi akan diumumkan BPS. 

-
ilustrasi IHSG. (ANTARA/Hafidz Mubarak)

Tim analis Indo Premier Sekuritas sendiri sebelumnya telah memproyeksikan IHSG pada perdagangan hari ini, Selasa (5/5/2020) akan bergerak variatif cenderung menguat. Sentimen positif dari Wall Street yang hijau diimbangi penurunan harga sejumlah komoditas sebagai sentimen negatif.

Dalam catatannya pagi ini, Tim Analis Indo Premier Sekuritas memaparkan, menguatnya indeks di bursa Wall Street seiring dengan rebound-nya saham sektor teknologi berkapitalisasi besar, diprediksi akan menjadi sentimen positif di pasar.

Investor juga akan mencermati data pertumbuhan ekonomi di dalam negeri pada kuartal satu yang menurut konsensus akan berada di level 4 persen. Sementara itu terkoreksinya beberapa harga komoditas seperti CPO dan batubara diprediksi akan menjadi sentimen negatif di pasar.

"IHSG diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung menguat dengan support di level 4,480 dan resistance di level 4,715," tegas Tim Analis Indo Premier Sekuritas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X