Jadi 'Mahasiswa Abadi', Pria Ini Sudah 11 Tahun Belum Lulus Kuliah

- Selasa, 18 Juni 2019 | 14:43 WIB
Dok. Charles Peak
Dok. Charles Peak

Pria bernama Charles Peak ini dijuluki sebagai mahasiswa abadi lantaran belum menyelesaikan kuliah Strata Satu-nya selama sebelas tahun. Pria berusia 29 tahun ini mengaku bahwa dirinya sering mengambil cuti kuliah saat ia merasa kuliahnya tersendat.

Selain cuti, juga pernah pindah jurusan. "Aku mulai jurusan ganda niaga/sains di 2007. Aku langsung menemukan bahwa sains menyenangkan tapi niaga sedikit sulit. Aku tidak pernah benar-benar berkomitmen pada universitas. Aku hanya melakukannya karena...apa lagi yang harus dilakukan?," cerita Charles.

Ia baru menyadari bahwa sains bukan jurusan yang tepat untuknya setelah tiga tahun berkuliah. Charles sendiri sebenarnya malu dengan teman dan juga keluarganya. Di saat teman-temannya telah berkarier, ia justru masih berurusan dengan kampus. Meskipun begitu, ia mengaku tidak menyesal.

"Aku tidak menyesalinya. Aku sangat mudah terganggu tapi aku pikir masalah utamanya adalah tidak tahu karier apa yang aku inginkan sejak awal," ujar Charles.

"Kadang-kadang aku merasa malu tapi aku menikmati apa yang aku lakukan. Kadang aku mendapat sindiran dari keluarku mengenai betapa lamanya (aku kuliah) tapi tidak ada alasan untuk menyesali apa yang kulakukan," lanjutnya.

Ada satu hal yang tidak disukai oleh Charles saat ini, yaitu sulitnya mencari pacar karena jarang ada wanita yang seumuran dengannya di kampusnya saat ini. Charles sendiri tidak tahu apa yang akan ia lakukan setelah ia lulus kuliah nanti.

"Berada di universitas selalu membuatku merasa aku tahu apa yang aku lakukan dan aku tidak terlalu yakin dengan apa yang akan terjadi ketika aku selesai," ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X