Gempa Magnitudo 7,5 di Papua Nugini Sempat Miliki Potensi Tsunami
photo/Ilustrasi/nst.com.my
News

Gempa Magnitudo 7,5 di Papua Nugini Sempat Miliki Potensi Tsunami

INDOZONE NEWS
Selasa, 14 Mei 2019 22:00 WIB 14 Mei 2019, 22:00 WIB
Baru-baru ini Gempa bermagnitudo 7,5 mengguncang Papua Nugini. Kejadian itu sempat memicu peringatan tsunami untuk negara itu dan juga negara tetangganya, Kepulauan Solomon, yang kini telah dicabut.

Sebagaimana dilansir dari laman Associated Press, menurut data Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada di perairan sebelah timur laut wilayah Kokopo dengan jarak 45 kilometer, dengan kedalaman 10 kilometer.

Adapun gempa dangkal dikhawatirkan bisa membuat dampak kerusakan di permukaan sangat besar. Tapi, menurut perkiraan USGS hal tersebut tidak terjadi karena populasi yang minim dan jarak bangunan berjauhan.

Diketahui juga bahwa sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,1 dilaporkan mengguncang Papua Nugini pada Sabtu 30 Maret 2019 pukul 11.30 GMT atau pukul 18.30 WIB.

"Gempa bumi mengguncang Pulau New Britain di Papua Nugini, 300 kilometer di sebelah timur Kandrian pada kedalaman 33 km hari Sabtu," demikian menurut keterangan dari Pacific Tsunami Warning Centre atau Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.
    Indozone Media