Sebanyak 150 Ribu Guru Honorer Akan Direkrut Oleh Kemendikbud

- Rabu, 22 Mei 2019 | 21:56 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Moch Asim)
(photo/ANTARA FOTO/Moch Asim)

Melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kemendikbud akan merekrut 150 ribu guru honorer. Prioritas rekrutmen PPPK tahap dua  ini adalah guru honorer K2 maupun nonkategori. 

"Tahap satu kan hanya fokus guru honorer K2. Tahap dua ada guru honorer K2 dan nonkategori khusus yang masa pengabdian di atas 15 tahun," kata Mendikbud Muhadjir Effendy saat menghadiri acara Harmoni Bersama Masyarakat (HBM) di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Effendy mengatakan, masalah guru honorer ini telah ditangani sejak tahun 2018 melalui jalur PNS. Namun di tahun 2019 ini diselesaikan melalui PPPK untuk guru honorer K2 di atas 35 tahun.

"Kemarin kuotanya 150 ribu guru honorer yang akan kami rekrut, sayang tidak semua daerah mengusulkan karena takut akan membebani APBD. Padahal sesuai kesepakatan dengan Kemenkeu untuk guru honorer yang diangkat menjadi PPPK,”bebernya.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berharap agar di tahun ini jalur PPPK untuk guru honorer yang masa kerjanya di atas 15 tahun kembali dibuka pemerintah.

"Mudah-mudahan tahun ini akan kami buka lagi jalur PPPK yang terbuka tidak hanya untuk guru honorer K2 tapi juga guru honorer yang masa kerjanya di atas 15 tahun. Ini akan kami selesaikan secara bertahan. Insya Allah perkiraan saya 2023 akan selesai," jelasnya. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X