Anies Baswedan: Penyebaran Corona di DKI Cukup Pesat, Waspada!

- Jumat, 20 Maret 2020 | 20:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan bahwa penularan virus corona (Covid-19) di wilayahnya hingga kini terus meningkat dengan cepat. Karena itu dibutuhkan kewaspadaan dari semua pihak dalam menghadapi kondisi ini.

"Perkembangan penyebaran Covid-19 di Jakarta cukup pesat. Sejak awal kita garisbawahi bahwa langkah yang diperlukan Pemprov DKI berprinsip pada kewaspadaan dan terukur ditiap perkembangan fase penyebaran Covid-19 ini," kata Anies dalam konferensi pers di Pendopo Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Anies menuturkan, dalam mengahadapi situasi itu pihaknya selalu mempertimbangkan segala hal ketika mengambil keputusan dan tindakan. Ini dilakukan agar pencegahan penularan Covid-19 bisa berjalan baik dan maksimal.

"Hari ini situasi yang dihadapi di Jakarta berbeda dengan dua pekan lalu atau pekan lalu," ungkapnya.

"Jumlah yang wafat tadi disampaikan cukup banyak dan kita semua berduka menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi keluarga. Kemudian jumlah kasus tadi disampaikan jumlahnya cukup tinggi," tambahnya.

Dia menyampaikan, kondisi Jakarta hari demi hari dalam menghadapi serta menanggulangi wabah Covid-19 ini telah dibahas bersama unsur terkait di DKI dan menetapkan status Jakarta dalam dua pekan ke depan. Mulai dari Kapolda, Pangdam hingga  Ketua Satgas Percepatan Covid-19 di tingkat nasional.

"Maka hari ini kita menetapkan bahwa Jakarta sebagai tanggap darurat bencana Covid-19. Ini ditetapkan untuk masa waktu 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang menyesuaikan dengan kondisi," ungkapnya.

Ia menegaskan, Jakarta dengan status tanggap darurat bencana Covid-19 maka seluruh komponen pemerintah, Pemprov DKI Jakarta bersama unsur dengan TNI-Polisi akan bekerja lebih erat lagi.

Sebab, dalam menghadapi wabah virus corona dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari masyarakat untuk bisa mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Terus dikampanyekan dan harus dikerjakan oleh semua pihak secara disiplin, yaitu menjaga jarak aman atau social distancing," imbuhnya.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta juga mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam menanggulangi penularan dan penularan virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta. Salah satunya ialah perusahaan yang berkantor di Jakarta diimbau untuk hentikan aktivitas sementara waktu.

"Ini statusnya seruan, tapi menegaskan bahwa seluruh kegiatan perkantoran untuk sementara waktu dihentikan, menutup fasilitas operasional dan tidak melakukan kegiatan perkantoran, tapi lakukan kegiatan di rumah," imbaunnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X