Pangeran dari Kerajaan Inggris Digugat Karena Melakukan Pelecehan Seksual, Ini Tampangnya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 11:27 WIB
Pangeran Andrew (ANTARA/Reuters)
Pangeran Andrew (ANTARA/Reuters)

Seorang pangeran dari kerajaan Inggris digugat pada Senin karena diduga telah tiga kali melakukan pelecehan seksual. Seorang perempuan yang menjadi korban menyebutkan bila sosok itu adalah Pangeran Andrew.

Perempuan itu, Virginia Giuffre, mengklaim dirinya "dijual" oleh mendiang Jeffrey Epstein kepada sang pangeran, seperti yang dikutip dari Antara.

Gugatan Giuffre, yang ditandatangani pengacara David Boies, menuduh Andrew telah melakukan kekerasan dan tekanan emosional yang disengaja.

Giuffre menggugat Andrew berdasarkan UU Korban Anak, sebuah hukum di negara bagian New York. Dalam gugatan itu Giuffre menuntut kompensasi dan ganti rugi yang tidak disebutkan besarannya.

"Saya meminta pertanggungjawaban Pangeran Andrew atas apa yang dilakukannya terhadap saya," kata Giuffre dalam pernyataan.

"Yang berkuasa dan yang kaya tidak terbebas dari tanggung jawab atas perbuatannya. Saya harap korban-korban lainnya akan melihat bahwa tak mungkin untuk hidup dalam kebisuan dan ketakutan, tapi untuk merebut kembali hidup dengan berbicara dan menuntut keadilan."

Baca Juga: FOTO: Mural Wajah Presiden Indonesia

Dalam gugatan sipil di Pengadilan Distrik Manhattan, AS, Giuffre menuduh Andrew telah melakukan pelecehan seksual kepadanya sekitar dua dekade lalu saat dia masih berusia 18 tahun.

Menurut dokumen gugatan, Giuffre mengatakan Andrew memaksanya melakukan hubungan seksual di luar kehendaknya di rumah teman dekat Epstein, Ghislaine Maxwell, di London.

Juru bicara pangeran tidak bisa dimintai komentarnya.

Andrew mengatakan pada BBC pada November 2019 bahwa dia tidak ingat pertemuannya dengan Giuffre, dan tidak melakukan hubungan seksual dengan perempuan itu di rumah Maxwell karena pada saat yang sama dia telah kembali ke rumah setelah menghadiri pesta seorang anak.

Dokumen gugatan mengatakan Andrew juga melecehkan Giuffre di mansion milik Epstein di kawasan Upper East Side, Manhattan, dan di pulau pribadi Epstein di Kepulauan Virgin.

Giuffre mengatakan Epstein memeliharanya sebagai "budak seks" dengan bantuan Maxwell. Dalam acara "Panorama" BBC dia mengatakan bahwa Epstein membawanya ke London untuk bertemu Andrew.

Andrew Albert Christian Edward KG, GCVO, ADC adalah anggota Keluarga Kerajaan Britania Raya, anak ketiga dan putra kedua Ratu Elizabeth II dan Philip Mountbatten. Ia dianugerahi gelar Adipati York sejak 1986. Adipati York pada saat ini adalah yang ke-7 dalam urutan suksesi, di bawah Pangeran Henry dari Wales.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X