The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyelenggaraan PON Disebut Bisa Jadi Peluang Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua
Wajah baru dari stadion Papua, Istora Papua Bangkit. (photo/Instagram/@jokowi)
News

Penyelenggaraan PON Disebut Bisa Jadi Peluang Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua

Selasa, 20 April 2021 19:37 WIB 20 April 2021, 19:37 WIB

INDOZONE.ID - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober 2021 dinilai dapat menjadi peluang bagi masyarakat Papua untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Selama pelaksanaan kegiatan itu akan menimbulkan efek bagi masyarakat sekitar, baik kesehatan maupun ekonomi," ujar peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rusli Abdullah ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (20/4) dikutip dari ANTARA.

Kendati demikian, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung menyebabkan dampak penyelenggaraan PON bagi kesejahteraan masyarakat di Papua tidak akan maksimal.

Baca juga: Viral Cewek Galau Batal Nikah dengan Pacarnya yang Tentara, Souvenirnya Dibakar

"Pelaksanaan PON akan menggeliatkan ekonomi, tapi tidak sebesar dari yang seharusnya karena adanya pandemi," ucapnya.

Menurut dia, terbatasnya aktivitas masyarakat demi melaksanakan protokol kesehatan menjadi sebab dampak PON bagi masyarakat Papua menjadi tidak maksimal.

"Misal, pas tidak ada COVID-19, banyak masyarakat dari luar Papua yang ikut menonton PON dan membelanjakan uangnnya di Papua. Tapi karena COVID-19, penonton terbatas," ucapnya.

Namun, ia mengatakan penyelenggaraan PON di tengah pandemi setidaknya dapat dirasakan oleh pekerja yang terlibat dalam proyek infrastruktur PON Papua.

Selain itu, dirasakan juga oleh masyarakat yang dekat dengan keberadaan pelaksanaan PON, misal dengan membuka warung makan atau penginapan.

"Secara umum, tidak bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat Papua secara keseluruhan. Hanya masyarakat yang terlibat langsung dengan proyek PON dan pelaksanaan PON saja yang menerima manfaat," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US