Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Darurat Hingga 25 Juli

- Selasa, 20 Juli 2021 | 20:16 WIB
 Presiden Joko Widodo (Jokowi). (photo/Youtube/Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (photo/Youtube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli mendatang.

Presiden Jokowi menyebutkan, PPKM akan dilonggarkan pada 26 Juli jika kasus COVID-19 di Indonesia turun.

"Setelah dilaksanakan PPKM Darurat dilihat data penambahan kasus dan bed rumah sakit mengalami penurunan. Kita selalu memantau dan memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara masyarakat yang terdampak PPKM. Karena itu kalau tren kasus terus mengalami penurunan, pada 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan," kata Jokowi dalam jumpa pers virtual, Selasa (20/7).

Pelonggaran tersebut akan dilakukan di sejumlah sektor seperti pasar hingga tempat makan.

Pasar tradisional yang kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka hingga pukul 20.00 kapasitas pengunjung 50%. Pasar tradisional yang jual non kebutuhan pokok diizinkan sampai pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50%," tuturnya. 

Baca juga: Imbas Lonjakan Kasus COVID-19, Brunei Larang Masuk Pendatang dari Indonesia

Selain itu, Jokowi menyebutkan bahwa penerapan protokol kesehatan (prokes) ditengah pandemi ini tetap menjadi hal utama.

Kemudian pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen, hingga tempat potong rambut juga bisa buka hingga pukul 21.00.

Selanjutnya tempat makan dan lapak jajanan juga bisa buka dengan protokol kesehatan ketat hingga pukul 21.00. Sedangkan waktu makan di tempat maksimal 30 menit.

"Warung makan pedagang kaki lima lapak jajanan dan sejenisnya dan tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 dan maksimum waktu makan pengunjung 30 menit," tutur Jokowi.

Jokowi meminta semua pihak bisa bekerja sama bahu-membahu untuk melaksanakan PPKM ini. Dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan ke RS juga turun. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X