WHO: Risiko Virus Corona Varian Omicron Sangat Tinggi

- Rabu, 29 Desember 2021 | 13:57 WIB
Ilustrasi varian Omicron. (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi varian Omicron. (REUTERS/Dado Ruvic)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa risiko virus corona varian Omicron tetap sangat tinggi. Meskipun, sebelumnya varian baru ini disebut memiliki risiko rendah dengan tingkat penularan yang tinggi.

Pembaruan epidemiologi mingguan oleh WHO mengungkapkan dari tanggal 20-26 Desember, jumlah global kasus Covid-19 varian Omicron meningkat 11 persen dibanding dengan minggu sebelumnya.

Baca juga: WHO: Suntikan Booster Hanya Akan Perpanjang Pandemi Covid-19

"Bukti yang konsisten menunjukkan bahwa varian Omicron memiliki keunggulan pertumbuhan dibandingkan dengan varian Delta, terlihat sejumlah negara telah terinfeksi varian Omicron. Varian Omicron juga telah menjadi dominan SARS-Varian CoV-2," kata pejabat WHO dikutip dari ANI, Rabu (29/12/2021).

Meski demikian, WHO mengamati penurunan kasus varian Omicron di Afrika Selatan.

WHO mencatat bahwa tingkat pertumbuhan yang cepat  kemungkinan merupakan kombinasi dari penghindaran kekebalan dan peningkatan transmisibilitas varian Omicron secara intrinsik.

"Data awal dari Inggris, Afrika Selatan, dan Denmark, menunjukkan ada pengurangan risiko rawat inap pada pasien Omicron dibandingkan dengan varian Delta," demikian laporan data pembaruan mingguan WHO.

Namun, WHO mengatakan masih perlunya data lebih lanjut untuk memahami penanda keparahan termasuk penggunaan oksigen, ventilasi, dan kematian, serta bagaimana tingkat keparahan dapat dipengaruhi oleh vaksinasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X