Polri Imbau Pemudik Pulang ke Jakarta Lebih Awal Sebelum Puncak Arus Balik

- Minggu, 1 Mei 2022 | 16:03 WIB
Macet di Gerbang Tol Cikampek Utama saat mudik Lebaran 2022. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)1
Macet di Gerbang Tol Cikampek Utama saat mudik Lebaran 2022. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)1

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau pemudik agar tidak terlalu lama di kampung halaman dan kembali lebih awal sebelum puncak arus balik. Hal ini untuk menghindari kepadatan saat puncak arus balik.

"Saya berharap masyarakat yang sudah Lebaran, sudah minta maaf, sudah jangan buat kesalahan lagi, cepat saja pulang lagi, kan berangkatnya awal kemarin," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Hal ini bertujuan untuk menghindari peningkatan volume kendaraan saat arus balik pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei. Firman menyebut pencegahan peningkatan volume kendaraan saat arus balik bisa dilakukan jika para pemudik mengikuti imbauan polisi.

Baca juga: Observatorium Bosscha ITB Gelar Pengamatan Hilal Penentu Hari Lebaran

"Sebenarnya sesimpel itu kita ngatur, tinggal mereka harus dikomunikasikan, kenapa nih alasan polisi menyarankan ini? kenapa polisi membuka tutup?" beber Firman.

Selain itu, Firman menyebut pada tanggal 6 dan 7 Mei, pihaknya akan memberlakukan sistem satu arah. Tentunya skema ini dilakukan untuk memperlancar arus balik.

"Manfaatkan (tanggal) 6, 7 karena kita akan satu arah. Tapi pulang lebih awal lebih baik lagi," pungkas Firman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X