Mendag Akhirnya Minta Maaf karena Dua Kali Mangkir untuk Rapat Bareng DPR

- Kamis, 17 Maret 2022 | 16:57 WIB
Mendag M Lutfi (INDOZONE/Harits Tryan)
Mendag M Lutfi (INDOZONE/Harits Tryan)

Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi meminta maaf kepada DPR RI lantaran tidak hadir dalam dua pemanggilan rapat. Lalu apa alasan Mendag tidak hadir dalam rapat?

Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Mendag Lutfi menjelaskan alasan mengapa dirinya tidak bisa hadir dalam rapat gabungan antara Komisi IV, VI dan VII DPR terkait minyak goreng, karena melakukan kunjungan kerja ke Makassar ke Surabaya.

“Kunjungan ke Makassar dan Surabaya pada saat itu adalah untuk mengecek, karena pada saat itu baru dimulainya regulasi pada domestic market obligation dan domestic price obligation, memastikan bahwa minyak goreng dapat tersalurkan,” kata Lutfi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Sementara untuk ketidakhadiran di tanggal 15 Maret 2022, dirinya berdalih menghadiri undangan rapat koordinasi terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Adapun ketidakhadiran kami pada tgl 15 Maret 2022, kami tidak dapat hadir dikarenakan pada saat yg bersamaan kami mendapat undangan dari bapak presiden untuk rapat koordinasi terbatas dengan bapak Menko Perekonomian, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris kabinet, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, kepala Polisi, dan juga Menteri Perindustrian yang pada saat itu juga tidak dapat hadir,” tegasnya.

-
Mendag Lutfi rapat kerja dengan Komisi VI DPR (INDOZONE/Harits Tryan)

BACA JUGA: Mendag Targetkan 1 Juta Pedagang Pasar Rakyat Pakai Platform Digital

Sampaikan Permintaan Maaf ke DPR

Oleh sebab itu, Lutfi pun menyampaikan permintaan maaf kepada anggota dewan karena tidak ada niatan untuk mengecilkan ataupun merendahkan, lantaran tidak hadir dalam rapat gabungan.

“Untuk itu, bapak pimpinan, dari hati saya yang paling dalam, saya memohon maaf, tidak ada niatan untuk mengecilkan apalagi merendahkan DPR RI yang sangat terhormat ini. Tetapi karena keadaan yang sangat mendesak dan genting, saya sekali lagi memohon maaf atas ketidakhadiran kami pada dua acara rapat tersebut,” urai Lutfi.

“Kami tidak pernah mengelak, kami tidak pernah tidak datang, dikecualikan hanya karena permasalahan-permasalahan, penjadwalan yang tiba-tiba menjadi halangan untuk kami datang,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X