Pemerintah Diminta Segera Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Pasaman Barat 

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 09:39 WIB
Rumah rusak akibat gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)
Rumah rusak akibat gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan keprihatinannya atas bencana gempa bumi magnitudo 6,1 yang mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, dan sekitarnya. Ia pun meminta Pemerintah bergerak cepat memberikan bantuan untuk korban. 

“Duka yang mendalam saya haturkan kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi Pasaman Barat,” kata Puan dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (26/2/2022). 

Ia pun turut berduka cita terkait tujuh orang yang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana tersebut, dan 85 warga yang mengalami luka-luka berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB hingga Jumat (25/2) kemarin.

Baca juga: Tambah 7 Ribu Pasukan Menuju Eropa, Tentara AS Tidak Akan Perangi Rusia di Ukraina

“Dan belasungkawa saya ucapkan untuk korban meninggal beserta keluarga, semoga para almarhum husnul khotimah,” ungkapnya. 

-
Puan Maharani. (Dok. Puan Maharani)

 

Puan berharap proses evakuasi korban gempa bumi dilakukan dengan seksama. Semua stakeholder diminta bekerja sama dengan baik di lapangan agar proses evakuasi berjalan lancar. 

“Kerahkan tim SAR terdekat untuk mengevakuasi warga dan memastikan upaya-upaya penanganan darurat dapat dilakukan. Pastikan seluruh instansi siap siaga dan bisa bergerak cepat manakala ada gempa maupun bencana susulan,” terang Puan. 

Mantan Menko PMK itu juga meminta agar setiap kebutuhan korban gempa disiapkan. Puan merinci, mulai dari kebutuhan dasar seperti logistik dan alas tidur, sampai kebutuhan protokol kesehatan bagi 5.000 warga yang mengungsi di 35 titik lokasi. 

“Saya meminta kepada pemerintah agar segera mengirimkan bantuan dan hal-hal yang dibutuhkan terkait dampak gempa,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X