The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Pemuda yang Tewas Usai Terjun Bebas dari Tebing di Samarinda, Jasad Sudah Ditemukan
Fakta pemuda yang tewas usai terjun bebas ke danau bekas galian di Samarinda (Instagram/yuni.rusmini.58)
News

Fakta Pemuda yang Tewas Usai Terjun Bebas dari Tebing di Samarinda, Jasad Sudah Ditemukan

Selasa, 02 November 2021 11:48 WIB 02 November 2021, 11:48 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini, warga Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur, dihebohkan dengan tenggelamnya seorang pemuda bernama Febi Abdi Witanto (25 tahun) di danau bekas galian tambang batu bara, Minggu (31/10/2021).

Jasad Febi pertama kali ditemukan oleh warga dalam keadaan meninggal dunia pada Senin malam (1/11/2021) sekitar pukul  22.20 WITA. 

Sebelum ditemukan, Febi sempat hilang tenggelam di danau bekas galian. Bahkan orang tua Febi juga sempat melakukan ritual agar jasad anaknya segera ditemukan.

Terlepas dari hal tersebut, berikut beberapa fakta mengenai pemuda asal Makroman, Sambutan, Samarinda yang tewas usai terjun bebas dari tebing.

Bakar-Bakar Bersama 5 Temannya

Awalnya, Febi bersama lima teman-temannya berkumpul di pinggir danau mengadakan acara barbeque, Minggu siang. 

Febi kemudian mengajak kelima temannya itu untuk berenang di danau bekas galian tambang batu bara sampai berkali-kali, hingga akhirnya teman-temannya setuju. 

Loncat dari Tebing Setinggi 30 Meter

Sesampainya di lokasi, mereka yang tadinya berjumlah enam orang tidak semua ikut berenang. Hanya empat orang saja dan dua orang lainnya bertugas merekam kegiatan mereka. 

Tak lama kemudian, Febi berinisiatif untuk meloncat dari tebing setinggi 30 meter itu terlebih dulu. Ia langsung melepas pakaiannya, berlari dan langsung terjun bebas. 

Dalam video detik-detik Febi melompat, diduga dada Febi lebih dulu menghantam permukaan air hingga menyebabkannya sesak nafas. 

Febi loncat dari tebing setinggi 30 meter
Instagram/yuni.rusmini.58

Sempat Merangkak ke Pinggir Danau

Setelah terjun ke danau, Febi yang hanya memakai celana itu terlihat sempat merangkak ke pinggir danau. Namun tak berapa lama, tubuh Febi perlahan kembali masuk ke dalam air dalam posisi tengkurap tak bergerak. 

Teman-temannya yang melihat hal tersebut langsung turun dari atas tebing untuk menolong Febi. Namun nahas, sesampainya di pinggir danau tubuh Febi sudah hilang tenggelam. 

Pemuda tewas usai terjun ke danau bekas galian tambang
Instagram/yuni.rusmini.58

Baca juga: Detik-Detik Pemuda Samarinda Terjun ke Danau Bekas Tambang, Sempat Berenang Lalu Tenggelam

Dilakukan Pencarian

Usai menerima laporan adanya pemuda hilang tenggelam, Unit Siaga SAR Samarinda pun langsung melakukan pencarian di sekitar lokasi danau galian tambang tersebut. 

Pencarian itu dilakukan sejak Senin pagi hingga sore, namun hasilnya nihil. Tim SAR mengaku terkendala lantaran kedalaman danau bekas galian tambang mencapai 150 meter.

Orang Tua Lakukan Ritual

Karena tak juga ketemu, ibu kandung Febi pun melakukan ritual dengan turun ke danau tersebut, hari Senin (1/11/2021).

Ia menggunakan selembar kain dan memasukkan ke dalam air danau, sambil memanggil-manggil nama Febi. Ritual semacam itu diyakini warga setempat sebagai bentuk upaya agar jasad korban segera ditemukan.

Warga ramai menyaksikan jasad Febi usai tenggelam. Garis polisi dipasang di lokasi terjunnya Febi.
Warga ramai menyaksikan jasad Febi usai tenggelam. Garis polisi dipasang di lokasi terjunnya Febi. (Foto: Dok Inafis Polresta Samarinda

Ditemukan Tewas Mengambang

Koordinator Unit Siaga SAR (Basarnas) Samarinda, Dwi Adi Wibowo, menyebut jasad Febi ditemukan warga mengambang di permukaan danau pada Senin malam. 

"Korban ditemukan dengan kondisi sudah mengambang. Proses evakuasi mengalami kendala karena medan untuk membawa korban naik ke daratan agak terjal, sekitar 200 meter," kata Dwi Adi, Selasa (2/11/2021).

Kini, jasad Febi telah dipulangkan ke rumah duka di Jalan Pembangunan, RT 010 Kelurahan Makroman, Sambutan, untuk kemudian dimakamkan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
Putri Octapia Saragih
JOIN US
JOIN US