Cegah Oknum Polisi Nakal, Ini Saran Kompolnas untuk Polda Metro Jaya

- Rabu, 3 November 2021 | 15:48 WIB
Ilustrasi anggota polisi. (ANTARA FOTO)
Ilustrasi anggota polisi. (ANTARA FOTO)

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polda Metro Jaya memperbanyak kamera tilang elektronik atau E-TLE serta memasang body camp untuk anggota yang bertugas di lapangan. Tujuannya untuk meminimalisir aksi polisi nakal yang melanggar aturan.

"Perlunya pencegahan terjadinya hal-hal seperti itu dengan penggunaan teknologi, antara lain memperbanyak kamera E-TLE agar proses tilang tidak dilakukan langsung oleh polisi melainkan langsung oleh sistem," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Selain diperbanyaknya E-TLE, Kompolnas juga meminta anggota polisi yang bertugas di lapangan menggunakan body camp. Body camp tersebut akan merekam tindakan anggota saat bertugas di lapangan.

"Anggota polantas yang bertugas juga harus dibekali body kamera dan dashboard kamera untuk mencegah penyimpangan anggota," beber Poengky.

Penggunaan teknologi ini bertujuan untuk meminimalisir tindakan melenceng dari anggota polisi saat bertugas. Dengan adanya teknologi tersebut, Kompolnas menilai anggota polisi di lapangan tidak akan berani melanggar.

"Penggunaan teknologi ini selain mencegah kontak langsung petugas dan masyarakat, juga merekam peristiwa yang terjadi sehingga petugas tidak akan berani melanggar aturan," pungkas Poengky.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X