The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kubu Moeldoko Sebut Gugatannya di PTUN Kepada Menkumham Bukan Ditolak, Tapi Cuma N.O
Moeldoko tiba di lokasi Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Deli Serdang, Sumatera Utara. (ANTARA/Endi Ahmad)
News

Kubu Moeldoko Sebut Gugatannya di PTUN Kepada Menkumham Bukan Ditolak, Tapi Cuma N.O

Rabu, 24 November 2021 11:37 WIB 24 November 2021, 11:37 WIB

INDOZONE.ID - Kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang tak sepakat jika gugatan yang diajukan oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Jhonny Allen Marbun (JAM) terhadap Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) terkait pengesahan KLB Deli Serdang disebut telah ditolak oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Jubir kubu KLB, M Rahmad mengatakan, sejatinya putusan PTUN Jakarta, melalui website resmi Mahkamah Agung disebut hanya dinyatakan N.O dan bukanlah ditolak.

"Melihat dan memperhatikan amar putusan PTUN Jakarta tersebut, jelas bahwa perkara gugatan Partai Demokrat KLB Deli Serdang bukan ditolak, tetapi dinyatakan N.O," ujar Rahmad dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Ia menjelaskan gugatan yang diputuskan N.O. adalah sangat berbeda dengan gugatan ditolak. Rahmad berkata, gugatan disebut N.O. adalah objek gugatan dipandang memiliki cacat formil yang dipandang melekat pada gugatan, sehingga gugatan tersebut tidak dapat diterima.

Baca juga: MA Tolak JR AD/ART Partai Demokrat, Begini Tanggapan Kubu KLB

"Sedangkan Gugatan ditolak adalah bila penggugat dianggap tidak berhasil membuktikan dalil gugatannya," tegas Rahmad.

Dengan status putusan N.O ini, lanjut Rahmad, pihaknya masih punya dua langkah hukum yang bisa dilakukan ke depan. Pertama, memperbaiki pokok gugatan dan mendaftarkannya kembali ke PTUN Jakarta. Kedua, melakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau PTTUN Jakarta.

"Keputusan PTUN Jakarta tersebut, tentu belum bisa disimpulkan sebagai Putusan Yang Berkekuatan Hukum Tetap (atau Inkracht), karena Undang-undang menjamin, ada masa tenggang 14 hari bagi Partai Demokrat KLB Deli Serdang untuk menentukan langkah hukum yang akan diambil,” jelas Rahmad.

“Apakah menerima putusan tersebut, atau memperbaiki pokok gugatan, atau melakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau PTTUN Jakarta," tambahnya.

Sekedar informasi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak permohonan gugatan yang diajukan oleh KSP Moeldoko dan Jhonny Allen Marbun (JAM) kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) terkait ditolaknya pengesahan hasil KLB.

Adapun keputusan Penolakan sebagaimana ada di laman resmi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta dengan nomor perkara 150/G/2021/PTUN-JKT.

"Menyatakan gugatan Penggugat tidak diterima," bunyi kutipan putusan dalam laman resmi SIPP PTUN Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US