The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari HAM, Mabes Polri Bakal Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
News

Hari HAM, Mabes Polri Bakal Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

Ini tujuannya.

Rabu, 24 November 2021 15:42 WIB 24 November 2021, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Divisi Humas Mabes Polri bakal menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 pada 10 Desember 2021 mendatang. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam hal menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

"Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," kata Irjen Dedi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Dalam lomba ini, Polri mengambil tema bertajuk 'Memperingati Hari Hak Asasi Manusia'. Bagi para peserta dapat mengambil sub tema secara bebas meskipun bersifat kritikan.

Lebih jauh Dedi menyebut kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Polri yang sangat menghargai aspirasi masyarakat. Sebab, dia menyebut aspirasi itu merupakan salah satu hak asasi manusia yang diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," beber Dedi.

BACA JUGA: Soal Izin Reuni 212, Begini Respons Polda Metro Jaya

Lomba itu sendiri akan dimulai dari tingkat Polda dalam hal seleksi. Seluruh elemen pun diperkenankan untum ikut dalam lomba ini.

Mengenai pendaftaran lomba sudah dimulai pada 25 sampai 30 November 2021. Polri juga menyiapkan hadiah senilai Rp50 juta untuk juara pertama, kemudian Rp30 juta untuk juara kedua dan Rp20 juta bagi juara ketiga.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US