KCR 60M Diluncurkan, Ini Daya Gempur Kapal Cepat Rudal Buatan RI

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:14 WIB
Kapal Cepat Rudal 60 Meter buatan PT PAL Indonesia. (Dokumentasi PT. PAL)
Kapal Cepat Rudal 60 Meter buatan PT PAL Indonesia. (Dokumentasi PT. PAL)

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter buatan PT Pal Indonesia (Persero). Kapal perang yang akan digunakan untuk TNI AL ini merupakan kapal kelima buatan dalam negeri. 

Menhan Prabowo mengatakan, keberhasilan pembuatan kapal ini menjadi bukti kekuatan industri pertahanan dalam negeri. Hal ini akan mendukung kedaulatan negara, karena operasionalnya digunakan oleh TNI AL.

"Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Ditopang dengan industri pertahanan yang kuat, agar kita menjadi negara yang mandiri," kata Prabowo dalam peluncuran KCR 60M di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). 

KCR kelima buatan PT Pal ini rencananya akan dinamai KRI Kapak. Adapun empat KCR yang dibangun sebelumnya dinamai KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, KRI Halasan-630, dan KRI Kerambit-627.

Tidak hanya platform kapal, PT PAL juga membangun instalasi sistem sensor dan senjata KCR 60M ini. KCR kelima ini memiliki panjang 60 meter dan lebar 8,10 meter. 

Kapal ini memiliki berat 500 ton, dengan daya angkut 55 kru. KCR ini memiliki kecepatan laju maksimal 28 knot pada kondisi full load serta endurance lima hari. Adapun daya jelajahnya mencapai 2.400 Nm pada kecepatan 20 knot.

Dari segi pertahanan, KCR yang rencananya akan bergabung dengan Koarmada III ini dipasangi sensor, weapon and command (Sewaco). Daya gempur dan kehandalannya didukung oleh rudal anti-kapal SSM Exocet MM40 B3 MBDA buatan Prancis, senapan kanon kaliber 20 mm Gun Shipborn E Serbia, serta sistem senjata buatan Swedia 57 Bofors MK3.

Selain itu, ada radar intai Terma Scanter 4603 Denmark, EO tracking c-fire United Kingdom, Decoy & ESM [FFBNW], Data Link National D.L Indonesia,dan CMS Terma C-FLEX Denmark.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X