Pemprov DKI Jamin Stok Pangan Aman saat Ramadan, tapi Diperkirakan Harga Naik

- Selasa, 29 Maret 2022 | 19:43 WIB
Ilustrasi pasar pangan. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ilustrasi pasar pangan. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan ketersediaan stok dan pasokan kebutuhan pangan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 2022 aman. Hal itu berdasarkan pembahasan dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). 

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan hasil koordinasi TPID tersebut dilakukan dengan data yang dimiliki oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta. 

"Komoditas pangan strategis, yakni beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabe keriting, rawit merah, dan bawang putih tersedia dalam jumlah yang cukup dan aman,” ucap Sri, Selasa (29/3/2022). 

Sri menjelaskan, stok dan pasokan kebutuhan pangan yang aman diharapkan mampu menjaga kestabilan harga pangan di Jakarta, sehingga inflasi di Jakarta selama momen Ramadan tetap terjaga. Kenaikan inflasi didorong oleh kenaikan harga yang di antaranya disebabkan oleh tingginya permintaan.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Stabilkan Harga Pangan Sebelum Bulan Ramadan

Beberapa komoditas pangan diperkirakan masih mengalami tren kenaikan harga ke depan, seiring dengan kenaikan permintaan masyarakat pada bulan Ramadan dan Idulfitri, serta implikasi dari kenaikan harga komoditas global. 

Pemprov DKI Jakarta bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah lain, serta TPID Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketersediaan stok pangan," terangnya. 

"Sehingga upaya-upaya yang dilakukan ini, inflasi Jakarta tetap terkendali dan berada dalam kisaran sasaran inflasi nasional sebesar 3% +- 1%,” tambah Sri. 

Sri yang juga Wakil Ketua I TPID Provinsi DKI Jakarta memastikan, TPID Provinsi DKI Jakarta terus memantau perkembangan harga dan kecukupan pasokan untuk menjaga kestabilan harga pangan di Ibukota di tengah pandemi Covid-19.  

“Untuk memastikan stok dan pasokan pangan terjaga, sekaligus memperkuat sistem logistik pangan di DKI Jakarta, tiga BUMD pangan (Perumda Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Dharma Jaya) terus memperluas dan meningkatkan kerja sama antar daerah,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X