Meski Pandemi Sudah Terkendali, PPKM Akan Terus Berlaku

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:35 WIB
Covid-19 masih terus ada. (photo/ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Covid-19 masih terus ada. (photo/ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan terus berlaku meski pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

“PPKM tidak boleh berhenti kendati pun positivity rate sudah di bawah 5% seperti yang direkomendasikan WHO. Karena virus [Covid-19] itu masih ada di masyarakat dan komunitas,” kata Alex dalam dialog virtual KPCPEN, Selasa (12/10/2021).

Sebab, penerapan PPKM mulai dari PPKM Darurat hingga PPKM levelisasi sukses menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia. Hal itu dilihat dari data-data kondisi pandemi di Indonesia saat ini.

“Angka kasus positif sudah jauh menurun, BOR (bed occupancy rate) rumah sakit sudah di bawah 10%, angka kematian secara total per hari di bawah 60 kasus, dan positivity rate sudah di bawah 2%. Ini tentu saatnya bagi kita untuk tetap melaksanakan PPKM,” papar Alex.

Selain itu, Alex menyatakan tiga pilar program protokol kesehatan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo juga perlu terus ditegakkan, yaitu 3M, 3T, dan vaksinasi.

“Ketiga pilar itu harus terus dilakukan sampai [status] pandemi itu dicabut,” pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X