Kritik Pemerintah, Rizal Ramli: Rakyat Makin Diperas dan Dibikin Sengsara

- Senin, 11 Oktober 2021 | 18:08 WIB
Ekonom senior, Rizal Ramli. (photo/Twitter/@RamliRizal)
Ekonom senior, Rizal Ramli. (photo/Twitter/@RamliRizal)

Ekonom senior, Rizal Ramli kembali mengkritik pemerintah. Menurutnya saat ini pemerintah tak berpihak kepada rakyat kecil, namun malah semakin diperas dan dibikin sengsara.

Hal itu dikatakan Rizal Ramli untuk menanggapi Peraturan Pemerintah (PP) 85/2021 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang disebutnya naik 400 persen.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI ini, PP tersebut malah semakin menyengsarakan nelayan.

"Inilah contoh, yang kuasa mengabdi untuk oligarki ! Oligarki diuntungkan, rakyat diperas dan dibikin susah," kata Rizal di akun Twitter-nya, Senin (11/10/2021).

Ia lantas mempertanyakan sikap pemerintah yang justru menguntungkan para pengusaha besar lewat kebijakan tax holiday alias bebas pajak, serta kebijakan lain yang sangat memanjakan para pengusaha.

"Kok tega banget ya? Yang gede-gede dapat bebas pajak (tax holiday). Royalti Batu Bara dihapus, negara rugi Rp60 triliun. Eh pajak untuk nelayan naik 400 persen," tandasnya.

PP 85/2021 ini diaklerasikan dengan Kepmen KKP RI 86/87 Tahun 2021 tentang produktifitas kapal penangkap ikan. Kebijakan ini banyak mendapat penolakan dari nelayan di sejumlah daerah di tanah air.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X