Viral, Belanja di Jerman yang Bisa Tukar Botol Plastik dengan Uang, Netizen: Kita Kapan?

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:27 WIB
Cara belanja dengan menggunakan botol plastik bekas. (Instagram/@insta_julid)
Cara belanja dengan menggunakan botol plastik bekas. (Instagram/@insta_julid)

Belakangan ini viral di media sosial tentang cara berbelanja yang unik di negara Jerman. Saking uniknya, bagi konsumen yang berbelanja bisa menukarkan sampah botol plastik dengan uang.

Hal tersebut seperti yang tampak dibagikan oleh Instagram @insta_julid dimana seorang konsumen bersiap untuk berbelanja.

Dalam video tersebut, tampak konsumen itu mengambil troli untuk menaruh belanjaan. Namun, troli tersebut dikunci untuk menjaga keamanan, konsumen dapat menggunakannya dengan memasukkan uang koin sebesar 1 atau 2 Euro saja.

"Jadi kalo di Jerman itu mau belanja trolinya itu pasti dikunci kayak gini. Tapi tenang, kalian masih bisa pake asalkna kalian masukin uang koin 1 Euro atau 2 Euro baru deh kalian bisa pake trolinya," jelas video tersebut.

Setelah mendapatkan troli, konsumen itu menunjukkan bagaimana cara menukarkan botol plastik bekas untuk menjadi uang dan nantinya akan otomatis digunakan saat berbelanja.

"Tapi sebelum belanja kita tukar botol dulu di mesin yang udah disiapin kayak gini. Lumayan guys, uangnya bisa dipake untuk potong harga total belanja kita nanti," tambah penjelasan video itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Insta Julid (@insta_julid)

Netizen yang melihat video itu pun langsung meras iri dan membandingkan keadaan di Jerman dan Indonesia. Banyak netizen yang berharap jika Indonesia mampu menerapkan hal yang dilakukan oleh negara Jerman saat berbelanja.

"Indo kapan kayak gini," kata akun @syahfitronovisyhafitri.

"Kira2 disini pada mau gak ya ke mall bawa botol bekas," kata akun @eyddhaantara.

"Di Indonesia Botol bgtu udah dibuang sembarang , terus Pemulung deh yg ambil ????" kata akun @morrantika.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X