Viral Bocah 10 Tahun di Malang Rawat Ayah yang Lumpuh, Publik Diduga Kena 'Prank'

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 11:03 WIB
Ilham merawat ayahnya yang lumpuh (Facebook/Ayahe Suciana)
Ilham merawat ayahnya yang lumpuh (Facebook/Ayahe Suciana)

Seorang bocah 10 tahun yang bernama Muhammad Ilham viral karena dikabarkan menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Dia harus mengurus sang ayah, Siswoyo (49) dan adiknya Muhammad Rizky (4).

Keluarga kecil ini tinggal di  Jalan Raya Tlogomas Nomor 83 RT 04/RW 07, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Perjuangan Ilham bermula saat keluarga ini mengalami kecelakaan pada Desember 2020. Akibatnya, sang ibu meninggal dunia dan Siswoyo dikabarkan mengalami lumpuh dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Karena sang ayah tidak bisa menafkahi, Ilham pun mengambil alih peran tulang punggung keluarga. Dia berjualan nasi kuning buatan tetangganya agar memperoleh uang.

Ilham juga terpaksa putus sekolah SD karena tidak ada biaya, begitu pula dengan sang adik yang tidak melanjutkan pendidikan di TK.

"Saya kalau sekolah harusnya kelas 4 SD, saya putus sekolah karena tidak punya biaya. Akhirnya saya jualan mainan dan nasi kuning buat merawat bapak sama adik. Biasanya setelah jualan, uangnya saya kasihkan ke bapak. Ya kadang untuk beli makan atau kebutuhan sehari-hari. Kalau tidak buat beli popok," ujar Ilham yang memiliki cita-cita menjadi polisi.

Selain menafkahi keluarga, Ilham juga merawat ayahnya dengan penuh kesabaran. Setelah viral, Polresta Malang Kota dan PMI setempat menjemput Siswoyo untuk dibawa ke rumah sakit.

Bantuan dari warga juga mengalir untuk keluarga ini. Namun, belakangan beredar kabar bahwa ada kecurigaan penipuan dalam peristiwa ini.

Akun Instagram malangraya_info mengungkap pernyataan Kader Posyandu RW. 07 Kel. Tlogomas, bahwa Siswoyo sejak dulu memang malas bekerja.

Ilham juga ditengarai merupakan anak nakal yang sering bergaul dengan sopir angkutan di Terminal Landungsari, sehingga punya kemampuan bermain kata-kata seperti orang dewasa.

Ilham juga selalu menolak makanan yang dikirimkan warga dan lebih suka dibelikan makanan di warung. Mereka juga pernah mendapatkan donasi dari Panti Asuhan Sunan Giri sebesar Rp500 ribu.

Namun, Ilham justrtu membelanjakan uang Rp300 ribu tersebut untuk membeli mainan. Siswoyo juga dilaporkan tidak lumpuh karena kondisinya masih normal pada April 2021.

Ilham juga bukan putus sekolah melainkan sedang belajar dari rumah alias sekolah online. Keluarga Siswoyo juga telah terdaftar sebagai penerima JKN, PKH, BPNT dan Prioritas Bansos di Kel. Tlogomas.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X