Pandangan Gen Z dan Milenial Terhadap Krisis Iklim Dunia

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:51 WIB
Aktivis melakukan aksi di Dukuh Atas, Jakarta. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Aktivis melakukan aksi di Dukuh Atas, Jakarta. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Krisis iklim memang menjadi salah satu topik yang cukup menarik perhatian dunia dalam beberapa tahun terakhir. Jelang momentum 92 tahun Sumpah Pemuda, Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah melakukan survei yang menyasar responden anak muda berusia 17-35 tahun terhadap pandangan mereka atas krisis iklim dunia.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi berpendapat para pemuda kini telah menjadi proposi terbesar dalam populasi Tanah Air saat ini. Sehingga sangat penting melihat pandangan mereka soal krisis iklim yang dihadapi dunia saat ini.

"Gen Z dan milenial merupakan proporsi terbesar dari populasi Indonesia. Proses peremajaan sedang terjadi di Indonesia," kata Burhan, dalam rilis yang diperoleh Indozone, Rabu (28/10/2021).

"Sehingga sangat penting memotret pendapat dan memetakan isu perubahan iklim dan politik anak muda. Jika politisi dapat menyerap aspirasi anak muda, maka demokrasi Indonesia akan membaik," sambungnya.

Sementara menurut Direktur Eksekutif Cerah Adhityani Putri, tujuan utama survei yang mereka lakukan pada para anak-anak muda ini. Ya, Adhit berharap survei ini dapat membuka mata para politisi agar menaruh perhatian lebih terhadap krisis iklim.

"Harapan kami, hasil survei ini dapat membuka mata para politisi dan pengambil kebijakan dan menjadi bukti bahwa krisis iklim perlu menjadi agenda politik utama di Indonesia sebagaimana krisis iklim menjadi isu politik di berbagai negara besar di dunia," katanya.

Berdasarkan survei ini juga terungkap bahwa mayoritas atau 82% responden anak muda di Indonesia mengetahui isu perubahan iklim. Sebanyak 85% responden menyebutkan, korupsi merupakan isu pertama yang paling mereka khawatirkan dan diikuti dengan kekhawatiran akan kerusakan lingkungan sebanyak 82% responden.

Menurut mayoritas responden anak-anak muda ini, perubahan iklim merupakan masalah serius yang dampaknya terhadap Indonesia hingga komunitas dan individu telah mereka rasakan saat ini.

Sebagaimana tergambar dalam sejumlah peristiwa yang terjadi sekarang dibanding lima tahun lalu. Sebanyak 63% responden setuju bahwa cuaca yang lebih panas pada musim kemarau merupakan peristiwa yang paling dirasakan, diikuti perubahan cuaca mendadak 60%, dan 35% hujan serta banjir yang lebih sering terjadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X