The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keren! Indonesia Bakal Punya Jembatan Gantung Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia
Ilustrasi - Jembatan gantung terpanjang di dunia 516 Arouca. (REUTERS/Violeta Santos Moura)
News

Keren! Indonesia Bakal Punya Jembatan Gantung Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia

Minggu, 24 Oktober 2021 10:41 WIB 24 Oktober 2021, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengabarkan bahwa Indonesia akan segera punya jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia. Jembatan tersebut akan dibangun di Megamendung, Bogor.

Panjang jembatan itu disebut-sebut mencapai 530 meter dan diperkirakan akan selesai dibangun pada tahun 2023. Panjangnya mengalahkan jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini yang panjangnya mencapai 516 meter.

"Jembatan gantung pejalan kaki (suspension/cable-stayed bridge) terpanjang di dunia akan dibangun di Megamendung Bogor Jawa Barat. Jika selesai 2023, jembatan manusia ini akan terbentang sepanjang 530 m, mengalahkan jembatan gantung terpanjang di dunia sekarang, yang ada di Portugal sepanjang 516 m," tulis Ridwan Kamil pada captionnya, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Habiskan Anggaran Rp190 Juta, Jembatan Siluman di Cianjur Ini Tak Bisa Dilalui Warga

Calon jembatan terpanjang di dunia itu dibangun oleh Eiger Adventure Land. Pihak Pemprov Jawa Barat sudah mengakhiri groundbreaking pada Sabtu (23/10) pagi.

Ridwan Kamil berharap jembatan tersebut bisa memberi kemaslahatan bagi lingkungan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kita doakan semoga lancar, memberikan kemaslahatan bagi lingkungan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Kalahkan pandemi dengan terus berkarya dan berinovasi," ungkap gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

516 Arouca, jembatan gantung terpanjang di dunia

Tak hanya panjang, jembatan 516 Arouca yang berada di Portugal ini juga memiliki desain unik. Jembatan tersebut dibangun dengan alas transparan. Tentu para pengunjung akan dibuat tegang ketika berjalan di atasnya.

Jembatan 516 Arouca sendiri baru diresmikan pada 15 Oktober 2020 lalu. Jembatan tersebut dibangun di 171 meter di atas permukaan tanah. Sebelum 516 Arouca, jembatan gantung terpanjang di dunia ada di Swiss. Jembatan yang diberinama Arouca tersebut memiliki panjang 498 meter.

Artikel Menarik Lainnya:

Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US