UU ITE Jadi Trending Topic Usai Karyawan Dipecat dan Didenda Gegara Curhat Gaji Dipotong

- Selasa, 28 September 2021 | 13:15 WIB
UU ITE jadi trending di Twitter usai seorang karyawan swalayan dipecat dan didenda gara-gara curhat gaji dipotong (Istimewa)
UU ITE jadi trending di Twitter usai seorang karyawan swalayan dipecat dan didenda gara-gara curhat gaji dipotong (Istimewa)

Nasib kurang beruntung dialami seorang karyawan swalayan bernama Lisa Amelia. Dia dipecat dan didenda serta terancam dijerat UU ITE usai curhat mengeluhkan gajinya dipotong hingga sisa menjadi Rp300 ribuan.

Melalui akun Facebook miliknya, Lisa Amelia mengunggah slip gaji yang diterimanya pada tanggal 25 September 2021. Selain itu, dia juga mengutarakan isi hatinya saat menerima nominal gaji yang tak seberapa.

"Ya ampun, gaji udah kecil, kena potong segini banyak juga. Capek kerja sebulan cuma dihargai 368 ribu rupiah," tulis dia dikutip Indozone.

"Ini mah bayar kos-kosan gak cukup. Boro-boro makan," lanjut dia.

-
(Istimewa)

Dalam slip gaji tersebut, tertulis jabatan Lisa Amelia sebagai kasir di sebuah swalayan. Dia mendapat gaji pokok sebesar Rp1 juta dan bonus berperilaku baik Rp50 ribu.

Lalu, dia mendapat potongan karena cuti sakit selama tiga hari sebesar Rp300 ribu, lalu datang terlambat satu hari Rp150 ribu, serta pengurangan terhadap kompensasi barang hilang Rp232 ribu.

Sehingga total gaji yang diperoleh Lisa Amelia sebesar Rp368 ribu yang diterimanya pada tanggal 25 September 2021.

Sontak unggahan tersebut menuai berbagai reaksi netizen. Tak sedikit netizen yang mengecam swalayan tempat Lisa Amelia bekerja itu.

Dipecat, didenda, dijerat UU ITE

Buntut viralnya curhatan itu, dia dipecat dan didenda serta terancam dijerat UU ITE. Lisa Amelia dianggap telah mencemarkan nama baik swalayan.

"Pihak JS Swalayan menuntut saya atas pasal 45 UU ITE tentang pencemaran nama baik. Saya diberhentikan dari pekerjaan saya dan membayar denda atas tuntutan yang dilayangkan kepada saya dan menyepakati untuk tidak menyebarkan profil dan alamat JS Swalayan yang viral ini," tulis Lisa Amelia baru-baru ini.

Dengan adanya kasus ini, UU ITE pun kembali menjadi kontroversi di kalangan netizen hingga menjadi trending topic di Twitter. Banyak netizen mengeluhkan keberadaan UU ITE yang dianggap berpotensi merugikan masyarakat.

-
(Istimewa)
-
(Istimewa)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X