The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Kondisi Dome Gedung DPR yang Bakal Dicat dengan Anggaran Senilai Rp 4,5 Miliar
Kondisi dome gedung dpr yang akan dicat dengan anggaran Rp 4,5 miliar. (INDOZONE/Harits Tryan
News

Begini Kondisi Dome Gedung DPR yang Bakal Dicat dengan Anggaran Senilai Rp 4,5 Miliar

Seperti apa kondisinya?

Rabu, 18 Mei 2022 16:20 WIB 18 Mei 2022, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelontorkan anggaran senilai Rp 4,5 miliar untuk melakukan waterproofing pada dome Gedung Nusantara, tepatnya Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Alasannya karena banyak bagian yang menggelembung dan menyimpan uap air di dalamnya.

Lalu bagaimana kondisi dome Gedung DPR? Indozone berkesempatan untuk melihat langsung kondisi dome Gedung DPR bersama Sekertaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

Indozone bersama rekan-rekan awak media yang berada di DPR diajak oleh pihak Kesetjenan DPR terlebih dahulu melihat Ruang Rapat Paripurna I di Gedung DPR yang di mana domenya bakal dicat karena ada gelumbung air dan jamur.

Di dalamnya nampak ruangan yang biasa digunakan untuk sidang tahunan dan pidato kenegaraan di setiap bulan Agustus yang dilakukan oleh Presiden. 

Setelah itu barulah Indozone bersama awak media lainnya naik ke dome Gedung DPR. Diawali dengan menaik tangga setapak untuk bisa naik ke atas.

Gedung DPR, Anggaran DPR
Dome gedung DPR yang akan dicat dengan anggaran Rp 4,5 Miliar. (INDOZONE/Harits Tryan)

Baca Juga: Proyek Gorden Batal, DPR Kini Anggarkan Pergantian Lift Gedung Senilai Rp 55,4 Miliar!

Kemudian melawati jalanan menukik sebelum sampai di lokasi tempat bagian yang menggelembung dan menyimpan uap air di dalamnya.

Dalam kesempatan itu Sekjen DPR Indra Iskandar turut menunjukkan mana saja bagian yang menggelembung dan menyimpan uap air. Adapun bagian yang ditunjukkan oleh Indra dan Kesetjenan DPR adalah bagian sebelah kanan dome atau gedung Kura-Kura.

Berdasarkan pengamatan Indozone memang terdapat beberapa titik yang menggelembung dan menyimpan uap air. 

“Ini sudah menyimpan uang air di dalamnya, kerusakan terhadap beton itu terus menjalar,” kata Indra saat di lokasi, Rabu (18/5/2022).

Dijelaskan Indra nantinya bagian cat yang sudah mengelupas bakal dibuka, dan karena di dalamnya banyak retakan rambut yang bakal diisi membran agar tidak masuk ke dalam beton.

“Di dalam rongga ini menyimpan air dan dia akan turun ke beberapa titik dan jadi titik-titik kebocoran,” ucap Indra.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelontorkan anggaran senilai Rp 4,5 miliar untuk melakukan pengecatan pada dome Gedung Nusantara, tepatnya Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dilihat dalam situs LPSE DPR, Selasa (17/5/2022), anggaran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. Dalam situs tersebut, tertulis kode tender hingga nilai pagu pengecatan tersebut.

"Tahun anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp 4.560.000.000 (Rp 4,56 miliar). Nilai HPS paket Rp 4.501.240.786 (Rp 4,50 miliar)," kata situs tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US