Pertama Kali, Seorang Menteri Jepang Ambil Cuti Dua Minggu

- Jumat, 17 Januari 2020 | 18:50 WIB
Menteri Lingkungan Hidup baru Jepang Shinjiro Koizumi tiba di kediaman resmi Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo. (photo/REUTERS/Issei Kato)
Menteri Lingkungan Hidup baru Jepang Shinjiro Koizumi tiba di kediaman resmi Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo. (photo/REUTERS/Issei Kato)

Shinjiro Koizomi sebagai Menteri Lingkungan Jepang membuat heboh dengan keputusan dirinya yang berencana mengambil cuti melahirkan untuk ayah. Keputusan langka ini menjadi berita utama di negara tersebut.

Dia akan mengambil cuti selama dua minggu setelah kelahiran anaknya, yang diperkirakan akan lahir pada bulan ini Hal itu membuat dirinya menjadi menteri pertama dalam kabinet Jepang yang mengambil cuti untuk ayah.

Ternyata di Jepang, baik pria dan perempuan berhak untuk cuti selama satu tahun ketika anak mereka lahir. Namun hanya 6% ayah yang melakukannya pada 2018 karena tekanan untuk terus bekerja. Sementara sebanyak 82% perempuan mengambil cuti tersebut.

"Saya bermaksud mengambil cuti melahirkan untuk ayah selama total dua minggu dalam tiga bulan pertama kelahiran, di mana ibu menanggung beban terberat, dengan syarat saya memprioritaskan tugas resmi dan melakukan manajemen krisis yang menyeluruh, seperti yang telah saya lakukan," ujar Koizumi kepada wartawan pada Rabu (15/01).

Ia mengatakan dirinya akan lebih banyak menggunakan surat elektronik dan konferensi video, dan akan meminta deputi untuk mewakilinya dalam berbagai pertemuan sesuai kebutuhan.

Namun Koizumi menambahkan bahwa ia tidak akan melewatkan "kegiatan publik yang penting", seperti sesi parlemen. Hal ini kemudian memicu perdebatan sengit.

"Jepang kaku dan ketinggalan jaman karena masyarakat terjebak dalam keributan pro dan kontra, hanya karena saya mengatakan saya akan mempertimbangkannya," katanya.

Koizumi menikah dengan presenter berita keturunan Prancis-Jepang, Christel Takigawa, yang berusia 42 tahun.

Pria berusia 38 tahun ini adalah putra kedua dari mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi yang populer, dan dipandang sebagai bintang masa depan dalam dunia politik Jepang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X