Anggota DPR Minta Kajian BMKG-UGM soal Virus Corona Bisa Ditiru Lembaga Lain
Ilustrasi: Lembaga BMKG-UGM melakukan kajian soal pengaruh cuaca dan iklim terhadappandemi global virus corona. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
News

Anggota DPR Minta Kajian BMKG-UGM soal Virus Corona Bisa Ditiru Lembaga Lain

Apa hasil kajian BMKG-UGM?

Selasa, 07 April 2020 16:20 WIB 07 April 2020, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengapresiasi insiatif BMKG-UGM yang melakukan kajian terhadap pengaruh cuaca dan iklim dalam penyebaran virus corona. Lembaga lain diharapkan bisa melakukan langkah yang sama.

"Kalau BMKG-UGM meneliti dari aspek cuaca dan iklim, mungkin lembaga lain bisa meneliti dari aspek lain. Termasuk aspek pengobatan, penyediaan alat-alat kesehatan, dan persoalan medis lain di balik wabah ini," kata Saleh saat dihubungi Indozone, Selasa, (7/4/2020).

Menurutnya, penelitian virus corona yang dilakukan BMKG-UGM sangat menjanjikan dan memberikan harapan. Terutama bagi Indonesia yang berada di daerah tropis.

Virus Corona,Mahasiswa,Laboratorium
Ilustrasi Mahasiswa di Laboratorium (Foto: ANTARA/Weli Ayu Rejeki)

Penelitian hasil kerja sama BMKG dengan UGM itu berkesimpulan penyebaran covid-19 akan terhambat di daerah tropis. Kemudian, BMKG dan UGM merekomendasikan agar mobilitas dan interaksi orang per orang dapat dibatasi.

"Jika rekomendasi itu bisa dilaksanakan, perkembangan virus tersebut dapat dikendalikan di Indonesia," ujarnya.

Politisi PAN ini mengatakan, masyarakat Indonesia tidak boleh merasa puas dan lega dengan hasil penelitian tersebut.

Pasalnya, sejauh ini perkembangan dan penyebaran virus ini masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Bahkan sebaliknya, Jumlah orang-orang yang positif, PDP, dan ODP semakin hari semakin banyak.

"Kalaupun kesimpulan penelitian itu benar, bukan berarti kita berdiam diri dan berharap virus corona pergi sendiri. Bagaimana pun juga, kita harus bekerja dan berupaya keras," sebutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Muhammad Wirawan Kusuma
Mula Akmal

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US