5 Perguruan Tinggi Indonesia Bakal Dipimpin Rektor Asing

- Rabu, 31 Juli 2019 | 14:20 WIB
Menristekdikti M. Nasir/ Setkab
Menristekdikti M. Nasir/ Setkab

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mewacanakan akan mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Paling tidak, pemerintah menargetkan pada 2020 sudah ada perguruan tinggi yang dipimpin rektor terbaik dari luar negeri dan pada 2024 jumlahnya ditargetkan meningkat menjadi lima PTN.

Menteri M. Nasir, seperti dilansir setkab.go.id, menargetkan PTN yang dipimpin rektor asing, bisa menjadi ranking 200 besar dunia dan berikutnya 150 besar dunia. "Setelah ini 100 besar dunia. Harus seperti itu. Kita tidak bisa targetnya item per item,” katanya.

Ia memastikan, jika untuk gaji rektor asing akan disediakan langsung oleh Pemerintah, tanpa mengurangi anggaran PTN tersebut. Saat ini, pihaknya akan melakukan mappingkan pada perguruan tinggi yang di Indonesia yang siap dipimpin rektor asing. "Tahun 2020 harus kita mulai."

Nasir mengatakan pilihan pada rektor asing, mencotoh Nanyang Technological University (NTU) Singapura yang didirikan pada 1981, namun saat ini sudah masuk 50 besar dunia dalam waktu 38 tahun.

"Mereka di dalam pengembangan ternyata mereka mengundang rektor dari Amerika dan dosen-dosen beberapa besar. Mereka dari berdiri belum dikenal, sekarang bisa masuk 50 besar dunia," ujarnya. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X