Indonesia Punya Potensi Jadi Destinasi Ramah Bagi Wisatawan Vegan

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 20:31 WIB
Menpar dorong Indonesia jadi destinasi yang ramah bagi wisatawan vegan. (kemenpar.go.id)
Menpar dorong Indonesia jadi destinasi yang ramah bagi wisatawan vegan. (kemenpar.go.id)

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendorong Indonesia menjadi destinasi yang ramah bagi wisatawan baik nusantara atau mancanegara yang menganut pola makan vegan atau vegetarian.

Kemenpar menjelaskan setidaknya komunitas vegetarian di dunia berjumlah 700 juta orang, dimana mayoritas berada di India dengan jumlah 350 juta orang, diikuti Tiongkok dengan 50 juta orang.

Kedua negara tersebut merupakan 5 pasar utama wisatawan mancanegara ke Indonesia dimana Tiongkok menyumbang 2,2 juta wisatawan mancanegara dan India menyumbang 485.000 wisatawan mancanegara.

"Ini potensi yang luar biasa bagi Indonesia untuk mengembangkan destinasi kuliner vegetarian. Namun sayangnya Indonesia belum terkenal untuk itu. Kalau dilihat dari data, tercatat 70 persen dari wisatawan India yang datang ke Indonesia umumnya vegan. Dan tahun 2020 kami targetkan 1 juta wisatwan India ke tanah air," katanya.

Berdasarkan data dari Oliver's Travel yang diterbitkan dalam The Global Vegetarian Index, Indonesia merupakan salah satu negara terbaik untuk menikmati hidangan vegetarian, dimana Indonesia menempati peringkat 16 dari 20 negara terbaik dari total 183 negara yang masuk penilaian tersebut.

Akan tetapi jumlah restoran vegetarian di Indonesia masih relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah keseluruhan populasi masyarakat Indonesia.

"Orang vegan mencari restoran yang nyaman, sejauh ini mereka tertuju ke Bali. Bila dianalogikan, orang vegan itu seperti orang muslim mencari restoran halal. Mereka harus merasa nyaman untuk menikmati kuliner vegan." ucap Menpar.

Ke depannya, Kemenpar akan mengadakan famtrip terutama bagi pelaku pariwisata di India untuk mencari alternatif restoran vegan selain di Bali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X