TNI Diharapkan Tetap Profesional Menjaga Kedaulatan NKRI

- Minggu, 6 Oktober 2019 | 10:36 WIB
ANTARA FOTO/Rahmad
ANTARA FOTO/Rahmad

Menanggapi HUT TNI ke-74, pengamat militer yang juga tokoh adat Biak Daud Mbarek mengatakan TNI yang telah berusia 74 tahun pada 5 Oktober 2019 diharapkan tetap profesional dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Saya mengucapkan selamat kepada jajaran TNI yang telah merayakan hari ulang tahun ke-74, harapan semua masyarakat supaya TNI tetap menjadi pelindung dan senantiasa menjaga rakyat Papua untuk hidup aman, nyaman, dan damai," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan TNI dalam masyarakat Papua dapat memberikan rasa aman, damai dan menjaga kedaulatan NKRI. Ini membuat peran TNI sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

-
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

"Saya berharap TNI memperhatikan kepemilikan hak ulayat milik masyarakat lokal adat sehingga kehadirannya benar-benar dapat dicintai dan disegani rakyat di tanah Papua," ujar Daud.

Fungsi TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI sejalan dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1).

"Keutuhan NKRI harus berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara," ucapnya.

-
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Di sisi lain,  Panglima Komando Operasi III Angkatan Udara Biak Marsda TNI Andyawan Martono P menegaskan, prajurit TNI senantiasa dapat melaksanakan tugas pokok sebagai alat pertahanan negara untuk melindungi rakyat serta menjaga kedaulatan bangsa Indonesia di wilayah NKRI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X