Memiliki Laut yang Luas, KKP Picu Generasi Milenial Usaha Perikanan

- Sabtu, 12 Oktober 2019 | 12:55 WIB
Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (KBSDM) KKP Sjarief Widjaja (ANTARA/M Razi Rahman)
Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (KBSDM) KKP Sjarief Widjaja (ANTARA/M Razi Rahman)

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak milenial atau generasi mudah Tanah Air untuk menggeluti usaha perikanan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa laut merupakan masa depan bangsa Indonesia, 

"Kami ingin membawa dunia perikanan menjadi dunia yang diminati anak muda," kata Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP Sjarief Widjaja saat membuka acara Lomba dan Lokakarya Kewirausahaan Sektor Kelautan dan Perikanan di Gedung Mina Bahari (GMB) III, KKP, Jakarta, Sabtu (12/10).

Menurut Sjarief Widjaja, selama ini berbagai sinetron di layar kaca kerap menampilkan bahwa stereotipe orang sukses adalah orang yang berdasi dan bermobil mewah serta selalu di ruangan ber-AC. 

Padahal, lanjutnya, hal tersebut merupakan utopia karena kekayaan alam Indonesia yang perlu dikelola bukanlah berada di dalam ruang ber-AC, tetapi ada di alam luas termasuk lautan Nusantara. 

"Jadikan perikanan dunia yang menarik, dunia bagi anak muda," kata Kepala BRSDM KKP dalam acara lokakarya yang bertajuk "Mencetak Generasi Milenial Unggul."

Sjarief mengingatkan bahwa Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa "Kita telah lama memunggungi laut," padahal lautan Indonesia merupakan masa depan bangsa. 

KKP mendorong lembaga pendidikan di bidang kelautan dan perikanan agar dapat melahirkan wirausaha perikanan yang dapat membantu mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, 

"Salah satu tantangan bagi lembaga pendidikan tidak lagi seberapa banyak lulusan lembaga pendidikan di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan tetapi berapa yang menjadi wirausaha di bidang kelautan dan perikanan," kata Kepala BRSDM KKP Sjarief Widjaja dalam acara pelantikan sejumlah pimpinan lembaga pendidikan tinggi di lingkup BRSDM di Jakarta, Senin (23/9). 

Lebih lanjut, menurut Sjarief, setiap insan pendidikan harus memiliki kreativitas, inovasi, dan kecepatan. Ia juga menyatakan cara-cara lama yang tidak kompetitif harus ditinggalkan, dan sudah saatnya mengadopsi cara baru yang lebih baik dengan terobosan dan lompatan untuk industri perikanan dan kelautan ke depannya. 

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X