BMKG Akan Menambah 13 Unit Alat Deteksi Gempa

- Kamis, 5 September 2019 | 21:35 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
(photo/ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika akan menambah 13 unit alat pendeteksi gempa (seismograf) tahun 2019, guna melengkapi 15 alat pendeteksi yang ada saat ini. Dengan penambahan itu, deteksi gempa semakin akurat.

"Terutama di wilayah sesar Kendeng yang terbentang di Surabaya. Termasuk sesar Minor yang menurut penelitian berpotensi gempa," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Geofisika di Pandaan, Pasuruan, Suwarto.

Dia menjelaskan, alat itu akan dipasang di Bojonegoro,Sidoarjo, Tuban, Pasuruan, Lumajang, Jember, Kediri dan juga Bangkalan.

"Kami menjaring sisi kanan dan kiri supaya kalau ada aktivitas gempa bisa terdeteksi lebih sensitif dan lebih tepat," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong BMKG Juanda agar membuka akses yang luas kepada masyarakat mengenai informasi prakiraan cuaca di wilayah setempat.

"Kami ingin ada koneksitas dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), dan juga titik-titik kemungkinan masyarakat bisa mengakses informasi secara sering dan realtime sehingga akan menjadi kewaspadaan bersama," katanya saat mengunjungi Kantor BMKG Juanda di Sidoarjo Jatim awal pekan lalu.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X