Rudiantara: e-Sport Harus Dikelola Dengan Baik dan Benar
(photo/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
News

Rudiantara: e-Sport Harus Dikelola Dengan Baik dan Benar

Victor Median
Jumat, 13 September 2019 18:31 WIB 13 September 2019, 18:31 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan perkembangan olahraga elektronik (e-Sport) harus dikelola dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya ekses negatif mengenai e-Sport.

"Perkembangan ini dilihat pemerintah sebagai potensi yang harus di-'manage'. Pemerintah memfasilitasi, mengakselerasi, tetapi juga memitigasi risiko dari dunia e-Sports ini," ujar Rudiantara di BSD Tangerang, Jumat.

Dia menuturkan, e-Sport memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia. Sebanyak 20 persen dari total penduduk Indonesia menjadi pelaku gim elektronik.

Jumlah tersebut tentunya dapat dioptimalkan mengingat banyaknya potensi keuntungan yang akan didapat dari industri baru ini.

Zaman sekarang ini, gim bukan lagi sebatas untuk mengisi waktu luang, namun sudah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang besar.

"Banyak juara dari Indonesia, baik individu atau tim, di turnamen-turnamen yang bergulir di luar negeri," kata dia.

Rudiantara mengatakan, penghasilan seorang atlet e-Sport sangat menggiurkan. Salah satunya adalah YouTuber Jess No Limit yang sukses di YouTube akibat e-Sports.

Awalnya dia hanya sebagai pemain gim biasa, namun lambat laun e-Sports menjadi jalan profesinya yang tak hanya melambungkan nama tapi juga mendapat penghasilan besar.

"Ini profesi sendiri, jadi orang bisa berpikir bahwa tidak hanya menjadi pegawai tetapi juga sebagai profesi," kata dia.

    TAG
    Editor Media