Pengamat: Milenial Maju Pilkada Jangan Cuma Latah Politik
Ilustrasi pemilihan kepala daerah oleh KPU (ANTARA)
News

Pengamat: Milenial Maju Pilkada Jangan Cuma Latah Politik

Ikuti tren jadi strategi

Kamis, 27 Februari 2020 15:59 WIB 27 Februari 2020, 15:59 WIB

INDOZONE.ID - Pengamat Politik juga Direktur Indonesian Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan potensi calon kepala daerah dari kalangan milenial, dinilai bakal menang dalam pilkada serentak 2020. Hal ini tentunya juga didorong oleh upaya dan terobosan yang baik.

Menurutnya, milenial punya kecenderungan memilih hal-hal populer, bisa saja jauh dari subtansi. Dia mengatakan, menarik simpati milenial mudah saja, dengan mengikuti tren yang sedang digemari.

"Hal ini berbeda dengan pemilih matang, di mana subtansi Pilkada menjadi penting, semisal menampakkan kepeimpinan yang menjanjikan, serta program pembangunan yang lebih baik," ucapnya saat dihubungi Indozone, Kamis  (27/2/2020).

Dia mengatakan bagi kontestan milenial, harus bisa menawarkan hal baru dalam upaya membangun kota, bukan hanya sekedar nyemplung di dunia politik.

"Latah politik saja tidak cukup, karena publik bisa menilai, mana kontestan yang benar-benar punya kapasitas, dan mana yang hanya sekedar mengejar kuasa," ungkapnya.

Dedi juga menegaskan kontestan milenial harus punya pendekatan berbeda, salah satunya dengan pendekatan komunitas, pemilih muda cenderung berkelompok secara psikologis.

"Mereka diikat oleh tren kesukaan, anak-anak muda akan menyukai tokoh yang dianggap membaur. Tidak menampakan jarak, baik jarak intelektual maupun fisik," tegasnya.

TAG
Susi Fatimah
Ade Indra
Mula Akmal
Ade Indra

Ade Indra

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US