Wapres Ma'ruf Amin: Waspadai Virus Discontent
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin (kanan). (Antara/Anis Efizudin)
News

Wapres Ma'ruf Amin: Waspadai Virus Discontent

Apa itu virus discontent?

Muhammad Wirawan Kusuma
Jumat, 08 November 2019 14:45 WIB 08 November 2019, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Virus discontent atau ketidakpercayaan terhadap masyarakat terhadap pemerintah menjadi hal yang patut diwaspadai. Hal ini bisa saja memicu ketidakstabilan sebuah pemerintahan. 

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Seminar Sekolah Peserta Sespimti Polri Dikreg Ke-28 di Jakarta, Jumat (8/11).

Ma'ruf Amin mencontohkan gelombang ketidakpuasan masyarakat terhadap penguasa yang menimpa Hong Kong, Chile dan Lebanon. Meski pemerintahan sudah melakukan perombakan, seperti pergantian kabinet, ketidakpuasan itu tetap tak bisa dihilangkan.

"Di Chile, padahal masalah yang timbul hanya kenaikan transportasi umum. Bahkan, ketika reshuflle kabinet juga tidak menyelesaikan masalah," ujar Ma'ruf Amin.

Di Hong Kong, lanjut Wapres Ma'ruf, aksi demonstrasi sudah berlangsung lebih dari satu bulan karena masalah HAM dan ekstradisi.

Sedangkan di Lebanon, masyarakat membuat Perdana Menteri Saad al-Hariri mundur karena tak puas dengan kinerja pemerintah.

"Untuk itum masalah virus discontent menurut saya harus diwaspadai, diantisipasi, supaya tidak terjadi seperti yang di Chile, Hong Kong, maupun Lebanon, sehingga kita bisa menjaga stabilitas bangsa dan negara," katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU