Jenderal Iran Dibunuh Amerika, Perang Dunia 3 bakal Meletus?

- Jumat, 3 Januari 2020 | 17:01 WIB
Reuters/Stringer
Reuters/Stringer

Kepala Pasukan Elit Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani tewas setelah Amerika Serikat melakukan serangan udara terhadap konvoi kedua petinggi militer itu di bandara Baghdad, pada Jumat (3/1).

Serangan itu juga menewaskan komandan milisi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis dan lima anggota militer lainnya. Amerika dan Israel diminta bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan petinggi militer tersebut.

"AS dan Israel adalah musuh yang bertanggung jawab atas pembunuhan mujahidin Abu Mahdi al-Muhandis dan Qassem Soleimani," ujar juru bicara kelompok payung Pasukan Mobilisasi Populer, Ahmed al-Assadi.

-
Reuters/Stringer

Diketahui, ada tiga buah roket yang menghantam bandara tersebut. Roket yang mendarat di dekat terminal kargo itu juga mengakibatkan dua unit kendaraan terbakar dan melukai sejumlah orang.

Sementara itu, dari Washington DC, Amerika Serikat, Pentagon memberikan pernyataan, "Serangan tersebut ditujukan untuk menghalangi rencana serangan oleh Iran pada masa depan."

Soleimani sendiri adalah pemimpin Pasukan Pengawal Revolusioner Iran untuk urusan luar negeri serta memegang peranan kunci dalam pertempuran di Suriah dan Irak.

Ia berperan dalam penyebaran pengaruh Iran di kawasan Timur Tengah, yang berusaha dikendalikan Amerika dan dua musuh Iran di kawasan, yaitu Arab Saudi dan Israel.

Kabar penyerangan ini menjadi trending topic di Twitter. Tagar #WorldWarIII #Iran #Trump dan #amerika menghiasi trending topic dunia. Memanasnya hubungan AS dengan Iran dikhawatirkan akan menimbulkan perang dunia ketiga.

-
Twitter

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X