Warga Garut Protes Karena Caleg Terpilih Diganti dengan Mulan Jameela

- Minggu, 22 September 2019 | 16:28 WIB
Instagram/@mulanjameela1
Instagram/@mulanjameela1

Sejumlah warga yang tergabung dalam Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut memprotes putra daerah Garut, Ervin Lutfi, sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI yang dicoret dan kemudian diganti dengan Mulan Jamela.

Pencoretan nama itu karena adanya pemberhentian Ervin Lutfi sebagai kader oleh DPP Gerindra. Koordinator Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut, Heri Rustiana mengaku sangat kecewa dengan keputusan itu. Ia juga menilai bahwa KPU tidak konsisten.

Nama Ervin Lutfi dicoret sebagai caleg terpilih dari daerah pemilihan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

"Kita merasa prihatin ada kabar beliau (Ervin Lutfi) itu digeser dari posisi sebagai anggota DPR RI yang akan dilantik 1 Oktober mendatang," ujar Heri.

Heri mengatakan, kebijakan DPP Gerindra tidak seharusnya dilakukan apalagi tanpa sebab kesalahan atau pelanggaran yang mengharuskan Ervin Lutfi digeser sebagai caleg terpilih.

Menurut Heri, Erwin merupakan tokoh pemuda, pengusaha dan juga aktivis dari Garut yang mampu meraih suara terbanyak dalam pemilihan legislatif pada 17 April 2019.

"Kami kawan-kawan menilai bahwa Kang Ervin sosok muda yang potensial yang akan menjadi kepanjangan lidah masyarakat Garut di DPR RI," ujarnya.

Masyarakat Garut akan melakukan perlawanan untuk mempertanyakan keputusan pencoretan tersebut. Pihaknya ingin meminta penjelasan dari KPU Kabupaten Garut, KPU Provinsi Jabar dan KPU RI mengenai aturan dan hasil putusan rekapitulasi suara caleg.

Pihaknya juga akan meminta penjelasan dari DPP Gerindra terkait pencoretan tersebut.

"Ini tidak adil, KPU juga melakukan pelanggaran atas etika demokrasi, dan akan menjadi penilaian buruk bagaimana KPU bisa ditekan, dipelintir dan dimainkan," ucap Heri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X