Kagum dengan Potensi Kopi dan Kakao, Dubes Norwegia Langsung ke Papua Barat

- Senin, 20 Februari 2023 | 13:15 WIB
Kunjungan Duta Besar Norwegia di Papua Barat.  (ANTARA/Tri Adi Santoso)
Kunjungan Duta Besar Norwegia di Papua Barat. (ANTARA/Tri Adi Santoso)

Demi melihat potensi pertanian kakao dan kopi, Duta Besar Besar Norwegia untuk Indonesia langsung datang berkunjung Rut Kruger Giverin di Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

"Kami akan melihat pengembangan cokelat dan kopi di Papua Barat, karena sangat penting untuk pengembangan masyarakat, kami punya beberapa proyek atau dukungan juga di situ," kata Rut Kruger Giverin seperti dikutip dari Antara, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Nespresso Luncurkan Mesin Kopi Vertuo, Bikin Ngopi Makin Mudah!

Rut Kruger mengatakan, Pemerintah Norwegia mendukung sejumlah proyek strategis yang ada di Papua Barat, di antaranya pengembangan ekowisata dan kehutanan hingga bidang kesehatan.

Kehadirannya juga sekeligus mau bertemu Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw untuk bertanya langsung terkait dengan kondisi dan tantangan pembangunan lokal berkelanjutan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Kedai Kopi Kuno: Tempat Ngopi Sambil Main Game Konsol Anak 80-90an di Jakarta Barat

"Selama dua hari saya akan menemui Gubernur Papua Barat untuk bertanya langsung kondisi dan tantangan pengembangan masyarakat lokal yang telah dilakukan," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi keadaan hutan dan alam Papua Barat yang indah. Menurutnya investasi ekowisata di wilayah Papua Barat dari Pemerintah Norwegia sangat tepat.

"Dengan melihat kondisi alam seperti ini, maka sangat tepat Pemerintah Norwegia berinvestasi di Papua Barat, kami berharap bisa terus menjalin kerja sama," kata dia pula.

Perlu diketahui, pengembangan kakao dan kopi di Papua Barat terus mendapat perhatian serius dari pemerintah provinsi setempat.

Berbagai upaya dilakukan agar dua komoditas itu dapat berkembang dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X