The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Alami Kenaikan, Anies-Prabowo Turun
Kiri-kanan: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)
News

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Alami Kenaikan, Anies-Prabowo Turun

Rabu, 22 Juni 2022 13:08 WIB 22 Juni 2022, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas menunjukkan nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masih berada di peringkat atas yang mendapatkan respon masyarakat untuk menjadi calon presiden (capres).

Berdasarkan survei tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih berada di urutan teratas dengan elektabilitas 25,3 persen. Hanya saja elektabilitas Menteri Pertahanan ini mengalami penurunan dari sebelumnya 26,5 persen di bulan Januari lalu.

Diposisi kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendapatkan elektabilitas sebesar 22 persen. Dalam survei Litbang Kompas merekam terjadinya kenaikan elektabilitas dari sosok Ganjar dari bulan Januari lalu yang hanya mendapat 20,5 persen.

Untuk posisi ketiga ada Anies Baswedan yang mendapatkan 12,6 persen dari responden. Gubernur DKI Jakarta ini pun elektabilitasnya terbilang turun dibanding hasil survei Litbang Kompas bulan Januari lalu yakni 14,2 persen.

Baca Juga: Elektabilitasnya Alami Kenaikan di Survei Charta Politika, Begini Repsons Golkar

Dengan demikian, berdasarkan hasil survei dari Litbang Kompas menunjukkan nyaris tidak ada pergerakan yang signifikan dari elektabilitas ketiga tokoh tersebut selama enam bulan terakhir.

Meski demikian Ganjar mengalami tren keterpilihannya konsisten menanjak. Namun sejauh ini belum mampu mengungguli Prabowo yang cenderung stagnan.

Sekedar informasi survei nasional yang diadakan Litbang Kompas pada 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Untuk metode yang digunakan adalah pencuplikasi sistematis bertingkat.

Untuk tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen, dengan margin of eror kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US