Antisipasi Macet Arus Mudik, Satpol PP Parepare Tertibkan Pedagang di Pinggir Jalan

- Sabtu, 15 April 2023 | 14:17 WIB
Satpol PP Parepare merazia pedagang kaki lima dan tempat bermain anak di pinggir jalan (Z Creators/Rudi Hartono)
Satpol PP Parepare merazia pedagang kaki lima dan tempat bermain anak di pinggir jalan (Z Creators/Rudi Hartono)

Jelang puncak arus mudik di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejumlah ruas jalan yang menjadi jalur trans Sulawesi mulai mengalami kepadatan. Keberadaan pedagang kaki lima dan juga arena bermain anak, yang menggunakan badan jalan, kerap memperparah kemacetan, khususnya di malam hari.

Karena sebelumnya sudah memberikan peringatan kepada sejumlah pedagang kaki lima, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Parepare kembali melakukan razia.

Meski tidak melakukan penindakan, sejumlah pedagang yang terjaring diwajibkan menandatangani surat pernyataan. Isinya menyatakan kesediaan untuk ditindak jika kembali menggunakan badan jalan untuk aktivitas jual-beli.

-
Satpol PP Parepare merazia pedagang kaki lima dan tempat bermain anak di pinggir jalan (Z Creators/Rudi Hartono)

Baca Juga: Keren! Ada Lomba Musik Patrol di Parepare, Pesertanya Sampai Membludak

"Sebelumnya, memang sudah diperingatkan. Soalnya, badan jalan yang mereka gunakan untuk jual-beli itu, rawan kemacetan, apalagi di malam hari," terang Wahyufi, Kabid Penegakan Perda Satpol PP kota Parepare, kepada Z Creators, Sabtu (15/4/2023).

Beberapa lokasi penertiban oleh Satpol PP adalah sepanjang jalan Mattirotasi, Bau Massepe, dan jalur Trans Sulawesi Makassar-Pinrang dan Makassar-Toraja.

Arus Mudik Lebaran Mulai Terasa

"Arus mudik lebaran tahun ini juga sudah mulai terasa yah, dan penumpang dari ataupun yang akan ke Pelabuhan Parepare jumlahnya akan terus meningkat, dan tentunya kemacetan di beberapa titik itu tidak bisa di hindari. Makanya, kita antisipasi mulai dari menertibkan pedagang di pinggir jalan ini " lanjut Wahyufi.

Baca Juga: Jadi Gorengan Primadona di Parepare, Jalangkote Diburu Warga Buat Takjil Buka Puasa

Kota Parepare memang menjadi area perlintasan ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan dan Barat. Jadi, setiap arus mudik ataupun arus balik lebaran selalu menjadi salah satu titik kemacetan. Pemudik, yang menggunakan jalur darat, bisa terjebak selama satu hingga dua jam.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini .

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X