Sambil Tersenyum dan Berjabat Tangan, Joe Biden Bertemu Xi Jinping di Bali

- Senin, 14 November 2022 | 20:46 WIB
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan). (REUTERS/Kevin Lamarque)
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan). (REUTERS/Kevin Lamarque)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping melalukan pertemuan bilateral secara tatap muka di Bali, Senin (14/11/2022). Pertemuan keduanya bisa dibilang sangat ditunggu-tunggu lantaran baru pertama kali sejak Joe Biden menjabat sebagai Presiden AS.

Mengawali pertemuan, Joe Biden dan Xi saling berjabat tangan saat bertemu di Nusa Dua, Bali. Mereka nampak tersenyum kepada awak media yang hadir di sana.

“Senang melihat Anda,” kata Biden kepada Xi sambil merangkulnya sebagaimana melansir Reuters, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Bertemu Erdogan, Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita Mendalam atas Serangan Bom di Istanbul

Biden berujar bisa saja Amerika dan China bekerja sama dalam masalah global tanpa mengarah persaingan yang kemudian menjadi konflik.

"Sebagai pemimpin kedua negara kami, kami berbagi tanggung jawab, dalam pandangan saya, untuk menunjukkan bahwa China dan Amerika Serikat dapat mengelola perbedaan kami, mencegah persaingan berubah menjadi konflik," tutur Biden.

"Dan untuk menemukan cara untuk bekerja sama dalam masalah global yang mendesak masalah yang membutuhkan kerja sama kita," tambah Biden.

Dia menyebutkan perubahan iklim dan kerawanan pangan sebagai masalah yang diharapkan dunia untuk ditangani oleh kedua negara tersebut.

-
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan). (REUTERS/Kevin Lamarque)

Diketahui, KTT G20 di Bali akan berlangsung pada 15 sampao 16 November 2022. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah hal terkait agenda tersebut. Adapun pemimpin negara G20 yang bakal hadir, yakni Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, hingga Presiden China Xi Jinping.

Sementara Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan tidak hadir dalam KTT G20. Kehadiran Putin akan diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X